• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Gubernur Sebut Kampung KB Model Miniatur Program KKBPK

Jumat, 26 Januari 2018 | 13:42 WIB
Suasana pembukaan rapat koordinasi Kampung KB.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membuka Rapat Koordinasi (Rakor) kampung KB Provinsi Babel tahun 2018, Jumat (26/1/2018). Dalam sambutannya, Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan bahwa kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu bentuk model miniatur pelaksana total program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh. 

Ditambahkannya, program tersebut melibatkan seluruh bidang di lingkungan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Kementerian lembaga, mitra kerja dan stakeholder terkait serta dilaksanakan di tingkat pemerintahan terendah di seluruh kabupaten dan kota, dengan mencakup seluruh kelurahan atau desa di Provinsi Kepulauan Babel ini dapat menjadi Kampung KB.

Dijelaskannya, kampung KB merupakan salah satu inovasi strategi untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program KKBPK secara utuh di lapangan. Dengan dibentuknya Kampung KB, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Dilakukan Rakor ini, ungkap Gubernur masih ada permasalahan yang perlu mendapat perhatian khususnya antara lain stagnasi pencapaian program dan semakin melemahnya implementasi program KKBPK di lini lapangan. Oleh karena itu perlu dirumuskan suatu program yang memiliki daya ungkit terhadap upaya pencapaian target atau sasaran yang telah ditetapkan serta memperluas cakupan penggarapan program KKBPK di seluruh tingkat wilayah.

Gubernur juga mengakui bahwa, program Kampung KB di Babel telah dimulai sejak tahun 2016, dan hingga saat ini telah berkembang menjadi 54 Kampung KB di Provinsi Babel. Dirinya mengimbau kampung KB yang sudah terbentuk bukan hanya sekedar nama tetapi harus hidup dan dijaga keberlangsungannya dengan program-program untuk kepentingan masyarakat.

Dengan itu pula, dirinya menilai hal ini merupakan tanggung jawab bersama, baik dari pihak BKKBN, mitra kerja dan seluruh stakeholder terkait untuk mensukseskan program ini. Yang mana dalam hal tersebut dibutuhkan komitmen dan keseriusan para penggarapnya. "Melalui kesempatan ini saya ingin mengajak seluruh unsur forkopimda Babel bersama OPD terkait di lingkungan provinsi dan kabupaten kota untuk bersama-sama mensukseskan program ini dengan bersinergi membangun kampung KB," harap Gubernur.  

Loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com