Klikbabel.com


LHE AKIP Tahun 2017, Pemkab Basel Dapat Nilai "B"

Kamis, 25 Januari 2018 | 14:25 WIB Dibaca sebanyak 367 kali
Wabup Basel Saat Menerima LHE AKIP (Humpro Basel)

Klikbabel.com, Toboali - Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) diwakili oleh Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid,ST pada Kamis 25/1/2018 menerima Laporan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE AKIP) yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, di Radisson Golf dan Convention Center Kota Batam Kepulauan Riau.

Turut hadir bersama dengan Wakil Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, yakni Kepala BPPD, Kepala Bakuda, Kadinkes, Kadin Pariwisata, Kadin Pertania, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Basel.

Laporan hasil evaluasi tersebut menurut Asman harus dilakukan sebagai amanat dari PP Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

LHE AKIP tersebut menurutnya dilakukan Kemen PAN-RB terhadap seluruh kabupaten/kota wilayah I yang terdiri dari Bangka Belitung, Sumatera, Jabar dan Banten. Sebelum memberikan arahan menteri PAN-RB melaunching aplikasi yang diberi nama e-SAKIP REVIU.

"Kami pasang target kenaikan nilai SAKIP dari tahun 2015 - 2017 mulai dari dominan di C dan bahkan ada yang D, maka di tahun 2017 harus C dan ini terus ditingkatkan menjadi B di tahun depan. Dan kalau ada daerah yang mendapatkan nilai C, saya akan sampaikan bahwa kepala daerah tersebut gagal," jelas Asman.

Sebelum ia juga telah melaunching aplikasi yang diberi nama e-SAKIP REVIU yang bertujuan untuk melakukan efisiensi program dan anggaran, sehingga apa yang menjadi tujuan dan sasaran program kegiatan dapat tercapai. Dengan demikian tambahnya pemborosan dapat dihindari dan outcomepun jelas.

" Harus jelas. Jangan ada lagi kegiatan yang tidak jelas dan yang tidak menunjang visi dan misi, Dan mulai tahun ini kami fokus pada program e- SAKIP untuk efisiensi anggaran dan kegiatan," tegas Asman.

Melalui aplikasi menurutnya tidak perlu lagi datang ke jakarta untuk konsultasi dan lain sebagainya Karena melalui aplikasi tersebut pihaknya dapat melakukan pendampingan dan menjawab konsultasi dari pihak terkait

Dari tayangan paparan Kemen PAN-RB nilai AKIP Provinsi Babel tahun 2017 adalah 63,65 dengan predikat B, sedangkan untuk rata-rata kabupaten/kota mendapat predikat C.

Sementara itu, Nurdin Basirun, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Menteri, Gubernur, Bupati/Walikota se-wilayah I dengan dipercayanya Riau sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini. "Selagi berada di sini. Silahkan menikmati keindahan kota kami. Belum ke Batam kalau belum ke Bintan, Barelang," ajak Nurdin.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com

Topik