Klikbabel.com


Dinsos Bersama BPJS Tenagakerja dan BSB Beri Perlindungan Pekerja Non Formil

Kamis, 25 Januari 2018 | 15:44 WIB Dibaca sebanyak 214 kali
Kadinsos memberikan sombolis kartu Bpjs tenagakejra kepada pekerja rentan/non formil (Ruci/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang- Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Bank Sumsel Babel dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Tenagakerja melaksanakan penyerahan secara simbolis kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada tenaga kerja rentan. 

Kepala Dinsos Provinsi Babel, M.Aziz Harahab mengatakan hal tersebut merupakan program Gerakan Nasional Lingkaran yakni gerakan peduli perlindungan pekerja rentan terhadap pekerja non formil. "Jadi program ini memberikan jaminan dan bantuan premi kecelakaan dan keselamatan informal seperti mereka yang berprofesi pedagang ikan, pedagang bakso, nelayan dan lain sebagainya," ucap Aziz,  Kamis (25/1/2018). 

Dikatakan Aziz, ada sebanyak 4.179 orang pekerja in formil yang sudah tergabung dalam keanggotaan BPJS ketenagakerjaan itu. Ungkapnya ini merupakan tahap awal dengan Bank Sumsel Babel pasanya mereka merupakan milik daerah dengan dalih agar pihak bank dan dunia usaha lainya Yang mempunyai dana CSR turut serta ke depannya.

"Kami juga harap pihak media massa juga dapat meng-Up bahwa sasaran dana CRS membidik peran orang miskin,  karena berdasarkan UU Nomor 34 ayat 1 orang miskin dan anak terlantar di pelihara negara," pintanya. 

Dalam hal ini, diakui Aziz peran Pemerintah Daerah (Pemda) tidak akan kuat jika hanya mengandalkan APBD itu sendiri, tetapi harus didorongan dari pihak dunia yang memiliki dana CSR. "Memang kita melihat selama ini peruntukan dana CSR sendiri kurang menyentuh langsung ke level orang miskin, mudah-mudahan dengan sekarang ini kita kuat," tegas Aziz.  

Dengan adanya bantuan perlidungan terhadap pekerja rentan atau non formil ini memberikan rasa aman, tenang nyaman bagi keluarga di rumah. "Kebetulan BPJS mempunyai program perlindungan terhadap kepala keluarga termasuk beasiswa bagi anak yang apabila orang tuanya meninggal dunia," tuturnya.

Intinya dengan harapan program ini dapat menggugah dunia usaha termasuk orang kaya turut serta dalam program ini.



Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com