• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pokmaswas Minta Tanggung Jawab Atas Kerusakan Karang

Rabu, 24 Januari 2018 | 10:47 WIB
Suasana di atas kapal yang karam di perairan laut Tanjung Langka Koba. (Klikbabel/Riski Yuliandri).

Klikbabel.com, Koba - Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Dolpin akan meminta pertanggungjawaban atas rusaknya karang akibat tertabrak kapal pengangkut pupuk.

Jumat (19/1/2018) lalu, kapal pinisi yang mengangkut ratusan ton pupuk dari lampung menabrak karang yang ada di perairan tanjung langka Koba saat hendak menuju Pelabuhan Pangkalbalam.

Hingga Rabu (24/1/2018), kapal tersebut masih berada dilokasi dan belum bisa bergerak akibat karam dan tersangkut di karang.

"Kita akan survey dulu di sekitar sana, kalau memang karang-karang kita rusak, kita akan minta pertanggungjawabannya. Di sini memang lokasi buat penyelam, soalnya karang di sini lumayan banyak dan bagus," ungkap Ketua Kelompok Pengawas Masyarakat, Asrul, Rabu (24/1/2018).

Selain itu, karang juga merupakan tempat habitat ikan-ikan yang menjadi sumber mata pencaharian nelayan setempat sehingga menjadi sanggat penting.

"Kalau karangnya rusak, ikan pasti banyak berkurang dan mengganggu hasil tangkapan nelayan," tambahnya.

Asrul juga mengatakan untuk memperbaiki trumbu karang tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama karena pertumbuhannya hanya sekitar 1 cm dalam setahun.

"Potensi karang di sini cukup bagus, sudah ada beberapa turis yang menyelam, karena itu kita tidak mau merusak karang ini," ungkapnya

loading...
loading...


Penulis  : Riski
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com

Topik