• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pokmaswas : Lampu Mercusuar Harusnya Tidak Boleh Mati

Selasa, 23 Januari 2018 | 15:55 WIB
Ketua Pokmaswas Dolphin, Asrul saat meninjau kapal yang karam di perairan Koba. (Riski Yuliandri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Koba - Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) 'Dolphin' mempertanyakan lampu mercusuar di perairan laut Koba yang mati. Ketua Pokmaswas Dolphin, Asrul mengatakan seharusnya lampu tersebut tidak pernah mati karena sebagai tanda bagi nelayan maupun kapal-kapal lainnya saat malam hari.

"Seharusnya lampu ini (mercusuar,red) tidak mati-mati, kalau malam hidup dan siang mati otomatis. Tapi yang ini baru sekitar empat atau lima bulan sudah tidak nyala lagi," ungkapnya, Selasa (23/1/2018).

Selain itu, lampu yang digunakan di mercusuar tersebut juga salah. Menurutnya lampu yang digunakan harus berwarna merah sebagai tanda banyak karang dan dangkal. "Yang dipasang ini warna putih, artinya bebas lewat dan dalam. Kalau warna merah, artinya kapal tidak bisa mendekat. Kalau pelaut dan nelayan pasti sudah tahu arti warna lampu mercusuar ini," tambahnya.

Akibat matinya lampu mercusuar di perairan Koba tersebut, sebuah kapal pinisi yang mengangkut pupuk dari Lampung ke Pangkalbalam terdampar akibat tersangkut karang Jumat (19/1/2018) lalu. Hingga saat ini kapal tersebut masih belum bisa bergerak akibat lambung kapal bocor dan masuk kedalam deck.

loading...
loading...


Penulis  : Riski
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com