Klikbabel.com


Dinsos Babel Terus Dorong Program e-Warong

Selasa, 23 Januari 2018 | 16:56 WIB
e-Warong. (Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Guna meningkatakan dan menghidupkan perekonomian masyarakat penerima manfaat, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) terus berupaya menggalakan program e-warong. 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Babel, Aziz Harahap mengatakan berdasarkan rasionya bahwa, tujuan utama program e-warong guna menghidupkan ekonomi masyarakat penerima KPM, yang mana diharapkan masyarakat dapat berkoordinasi dan bersinergifitas untuk memperkuat ekonomi.

Dirinya mengungkapkan, e-warong merupakan kerjasama pihak Kementrian dan Himpunan Bank Negara (Himbara) untuk menyalurkan bantuan berupa non tunai itu. "Jadi mekanisme e-warong itu bentuknya bukan fisik berupa beras, tapi masyarakat penerima manfaat diberikan semacam ATM untuk mengambil uang yang nantinya uang tersebut hanya bisa dibelanjakan hanya di e-warong," kata Aziz, Selasa (23/1/2018). 

Dalam e-warong sendiri akan menyediakan kebutuhan primer masyarakat seperti beras serta kebutuhan primer lainnya. Pada endingnya, e-warong sendiri akan disalurkan diseluruh kecamatan di Indonesia dan tidak kemungkinan akan juga disalurkan disetiap desa-desa.  

"Jadi, kedepannya Beras Sejahtera (Rastra) akan disalurkan tidak berupa fisik beras lagi, tapi akan diberikan dengan nominal uang," jelasnya. Diungkapkan Aziz, kuatnya dilakukan program e-warong ini dalam antisipasi penyalahgunaan keuangan negara.



Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com