• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cuaca Buruk, Harga Ikan Diprediksi Terus Melonjak

Selasa, 23 Januari 2018 | 09:56 WIB
Ilustrasi perahu nelayan diterjang ombak. (Foto : net)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Cuaca buruk ditambah dengan gelombang tinggi di beberapa perairan kepulauan Provinsi Bangka Belitung, memaksakan para nelayan belum berani melaut. Efeknya, harga ikan di pasaran pun terancam masih mengalami lonjakan dalam beberapa waktu kedepan.

Hal ini diakui oleh Sahiman (49), nelayan desa Kundi kecamatan Bukit Tera kabupaten Bangka Barat saat mengikuti aksi demo di depan gerbang pintu halaman kantor Gubernur Babel, Senin (22/1/2018). "Ya, kami lum berani melaut. Karena perahu kami kecil. Kadang kami juga ikut teman yang lain yang kapalnya agak besar untuk beranikan diri melaut," ujarnya saat diwawancari klikbabel.com.

Dirinya juga mengaku terpaksa untuk melaut demi memenuhi kebutuhannya sehari-hari. "Ini juga karena terpaksa, kalau tidak melaut tidak bisa makan. Jadi gimana, berharap pada sahang (lada-red) baru berbunga e. Apa boleh buatkan,"akunya.

Disinggung terkait kondisi mahalnya ikan di pasaran saat ini, dirinya pun mengatakan kondisi ini akan berlanjut hingga cuaca kembali membaik. "Ya, wajar ikan mahal. Banyak nelayan belum berani karena kapasitas perahu belum memadai. Mungkin harga ikan tetap mahal sampai cuaca membaik," terangnya.

Sahiman pun menyebutkan cuaca laut kembali normal hingga awal bulan Febuari. "Nelayan lain rencananya akan melaut bulan depan,  kayaknya sih, cuaca sudah membaik nanti," pungkas Sahiman.

loading...
loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com