• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Tahun 2018 Bumdes Sadai Fokuskan Pemasaran Ikan Asin Keluar Daerah

Jumat, 19 Januari 2018 | 15:20 WIB
Dirut Bumdes Sadai (Belakang), Kades Sadai (Depan) (Wiwin/Klik Babel.com)

Klikbabel.com, Tukak Sadai - Sejak beroperasi empat bulan yang lalu, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sadai Madiri Sejahtera terus mengembangkan berbagai bidang usahanya. Salah satu bidang usaha yang terus digenjot adalah pemasaran ikan asing ke luar daerah

Menurut M. Ilyas Dirut Bumdes Sadai Mandiri Sejahtera,  alasan Bumdes untuk menggenjot bisnis ikan asinnya karena komoditi tersebut merupakan potensi Desa Sadai yang sangat besar. Menurutnya pemasaran ikan asin saat ini masih dikelola oleh pengusaha lokal secara pribadi ke Lampung dan Jakarta.

"Tahun 2018 ini kita juga akan fokus pada pemasaran ikan asin keluar daerah dan kita akan ajak mereka bermitra dengan Bumdes dalam pemasarannya sehingga pemasaran ikan asin dari desa kita lebih terkoordinir dan kita juga akan genjot pemasarannya ke Lampung karena pasar di sana sangat bagus," ungkapnya Kepada Klikbabel.com, Jumat (19/1/2018).

Selain pemasaran ikan asin jelasnya, Bumdes juga menjalankan usaha garam, tokoh material, elpiji, distro, dan depot air minum. Meskipun baru beroperasi pada bulan September 2017, Bumdes Sadai Mandiri sudah bisa membukukan laba kotor per Desember 2017 sebesar Rp54 juta dan total aset Bumdes tersebut saat ini sudah mencapai tiga ratusan juta Rupiah.

Sementara Itu Kades Sadai M. Ilyas menyatakan pihaknya terus memberikan dukungan kepada Bumdes tersebut melalui penyertaan modal dari dana desa. "Perioritas dana desa itu kan ada empat yaitu Bumdes, produk unggulan, sarana olahraga dan embung. Di tahun 2017  kami sudah menyertakan modal sebesar Rp250 juta ke Bumdes dan melihat Bumdes kita maju di tahun 2018 kami akan ditambah lagi penyertaan modalnya sebesar 300an juta. kami juga akan menciptakan lagi satu produk unggulan yang akan dikerjakan oleh Bumdes yaitu usaha kusen sama meja hias dari kayu asli," jelasnya kepada Klikbabel.com pada 19/1/2018.

Dirinya berharap dengan majunya Bumdes Sadai Mandiri Sejahtera tersebut bisa menjadikan Sadai sebagai desa yang mandiri.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com