Klikbabel.com



BTN Tetap Komitmen Salurkan KPR Bersubsidi

Kamis, 18 Januari 2018 | 15:21 WIB Dibaca sebanyak 219 kali
Branch Manager BTN Pangkalpinang, Chris Setiawan, (Aprilianysah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Animo masyarakat untuk memiliki hunian tempat tinggal terbilang tinggi karena tren tersebut tumbuh positif bagi bisnis properti di kota Pangkalpinang. Lebih jauh, bila dilihat dari data realisasi penyaluran Kredit Perumahan Rakyat (KPR) PT  Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Cabang kota Pangkalpinang selama tahun 2017 mencapai 2.512 unit rumah. Hal ini diungkapkan langsung oleh Chris Setiawan selaku Branch Manager  BTN cabang Pangkalpinang ketika ditemui Klikbabel.com, Kamis (18/1/2017). "Realisasi tahun 2017 yakni sebesar 2.512 unit dengan plafon Rp301,2 miliar tersebar di seluruh kabupaten/kota di Babel," ujarnya.

Kondisi ini mengalami peningkatan sebesar 37,71 persen dari tahun sebelumnya, sehingga BTN Cabang Pangkalpinang mampu mencapai angka 107 persen dari target yang telah dibebankan pusat. Sejak ditunjuk  menjadi bank pembiayaan dalam program Satu Juta Rumah pada 2015 lalu. Bank BTN terus berkomitmen memberikan pelayanan  pembiayaan dan akses kemudahan bagi masyarakat untuk memiliki hunian tempat tinggal. 

Tahun 2018 dipastikan kembali BTN tetap melanjutkan program kredit kepemilikan rumah baru yakni KPR BTN Mikro. Produk ini diharapkan bisa menjawab kebutuhan pembiayaan perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) terutama pekerja di sektor informal. "2018 tetap untuk KPR Mikro masih akan berlanjut untuk MBR sesuai dengan ketentuan yang telah di tetapkan", imbuhnya.

Sementara itu yang terbaru di tahun 2018 BTN akan kembali menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada sektor perumahan dan pendukungnya. "KUR terakhir kita berikan tahun 2014, tahun selanjutnya tidak karena itu kebijakan pemerintah dan tahun ini ada kembali. Kita masih fokus pada sektor konstruksi perumahan," imbuhnya.

Sementara untuk pendanaan KPR bersubsidi, dikatakan Christ,  BTN tetap menggunakan skema Subsidi Selisih Bunga (SSB). "KPR bersubsidi tetap berskema SSB dengan bunga 5 persen fix hingga 20 tahun dengan uang muka 1 persen," ujarnya.

Sedang untuk tahun 2018 ini BTN Pangkalpinang memasang target lebih tinggi yakni membiayai sejumlah 3.000 unit perumahan, dan optimis target itu tercapai karena pertumbuhan ekonomi masyarakat Babel yang juga tumbuh. "Sekarang prospek KPR lebih luas, tidak hanya di Pangkalpinang, kita juga sudah hadir di Belitung sedangkan KPR di Bangka Barat yakni Muntok sudah ada," tutupnya. (Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com