• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Basel Dukung Kepesertaan JKN-KIS Bagi Aparatur Pemdes se-Basel

Selasa, 16 Januari 2018 | 21:27 WIB
Suasana rapat pembahasan Universal Healt Coverage (UHC) dan kepesertaan JKN-KIS bagi Aparatur desa se-Bangka Selatan di balai daerah Junjung Besaoh.(Foto : Wiwin Suseno/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAPMD) bersama BPJS Kesehatan Bangka Selatan menggelar rapat pembahasan Universal Healt Coverage (UHC) dan kepesertaan JKN-KIS bagi aparatur desa se-Basel.

Kegiatan yang diadakan di balai daerah Junjung Besaoh, Selasa (16/1/2018) dihadiri oleh Sekda Basel Suwandi,AKS, perwakilan DPRD Basel Samsir, Syaiful Kepala Kanwil BPJS Kesehatan Babel, Heru Tafsir Kepala Kantor Operasional BPJS Kesehatan Basel, Benny Kepala DSPPPAPMD Basel, perwakilan Kejari Basel, Camat se-Basel, dan aparatur Pemdes se-Basel.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil BPJS Kesehatan Babel, Syaiful menjelaskan JKN-KIS merupakan program jaminan kesehatan yang dimulai beberapa tahun lalu hingga akhirnya menjadi program strategis Pemerintah Pusat dan masuk dalam nawacita presiden Jokowi. "Program JKN-KIS merupakan program jaminan kesehatan yang sudah dimulai sejak tahun 2014 hingga akhirnya menjadi program strategis Pemerintah Pusat dan masuk dalam nawacita presiden jokowi," jelasnya.

Menurutnya, sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Pusat terhadap layanan program jaminan kesehatan nasional tersebut, Presiden Joko Widodo sudah mengeluarkan Inpres No 8 tahun 2017 tentang Optimalisasi pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional yang didalamnya juga melibatkan Pemerintah Daerah.

Sementara itu, Bupati Basel Drs. H. Justiar Noer, ST, MM, M.Si yang diwakili Sekda Basel Suwandi, AKS mengatakan pihak Pemkab. Basel akan mendukung sepenuhnya program Universal Healt Coverage (UHC) dan Kepesertaan JKN-KIS bagi Aparatur Desa Se- Basel. "Sesuai dengan Inpres no 8 tahun 2017 yang di dalamnya melibatkan pemerintah daerah, kami tentunya mendukung sepenuhnya program Universal Healt Coverage (UHC) dan Kepesertaan JKN-KIS bagi Aparatur Desa Se- Bangka Selatan sesuai dengan fungsi kami," jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya jaminan kesehatan bagi aparatur desa tersebut diharapkan nantinya dapat mewujudkan desa yang sehat sehingga nantinya dapat meningkatkan kinerja aparatur pemerintah desa. Oleh karena itu dirinya mengimbau kepada aparatur desa yang hadir agar dapat memahami pentingnya JKN-KIS bagi aparatur desa dan seluruh masyarakat desa dalam mewujudkan desa yang sehat di Basel.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com