• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Es Dawet Ketan Hitam Khas Jepara Bikin Seger

Selasa, 16 Januari 2018 | 12:08 WIB
Dawet Ketan Hitam Jepara milik Dirga (Dinda/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Siapa yang tak kenal es dawet? Hampir seluruh lapisan masyarakat tahu dengan jenis minuman tradisional yang satu ini. Selain rasanya yang manis dan bikin segar, es dawet juga sudah akrab di telinga masyarakat pangkalpinang. Namun ada yang beda dengan kuliner es dawet Jepara  yang mangkal di Jl. Re Martadinata, Opas Indah. Es dawet yang disediakan di warung tersebut tidak seperti pada umumnya karena ia menambahkan ketan hitam pada es dawetnya.

Penjual es dawet Jepara, Dirga sengaja menggunakan gerabah atau kendi sebagai wadah dawetnya karena ingin memperkenalkan ciri khas es dawet Jepara.

"Pemilihan gerabah ini memang di sengaja, karena saya ingin memperkenalkan ciri khas es dawet dari Jepara," ungkapnya saat ditemui Klikbabel.com di lapaknya, Selasa (16/1/2018). 

Ia menjelaskan, penambahan ketan hitam yang telah di fermentasi menimbulkan cita rasa yang unik, rasa manis, asam dan segar berpadu menjadi satu. "Mencampurkan ketan hitam yang telah di fermentasi, itu menjadi cita rasa rasa tersendiri dari es dawet khas Jepara," jelas Dirga.

Ia menambahkan, dawet atau joble yang digunakan pun tanpa campuran bahan pewarna dan tanpa pemanis buatan. Kalau biasanya dawet bewarna hijau namun untuk di warung Jepara ini dawetnya bewarna putih dan rasa manisnya di dapat dari gula jawa yang telah di cairkan. "Untuk dawetnya, atau biasa di sebut joble, tidak pakai pewarna buatan, terus kalau rasa manisnya kita pakai gula jawa murni. Bentuk dawetnya pun kecil-kecil," tuturnya.

Proses pembuatan dawet Jepara ini juga unik, di mana adonannya dipotong-potong pendek, setelah itu di pres. "Pembuatan dawetnya sendiri agak beda, adonan yang telah di potong pendek langsung di pres sehingga bentuknya kecil-kecil dan agak pipih," ungkap Dirga.

Harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan cocok untuk semua kalangan. Hanya dengan Rp5 ribu, pembeli sudah dapat menikmati seporsi es dawet ketan hitam khas Jepara yang segar dan nikmat. 

Salah seorang pelanggan, Doni mengaku seringkali membeli es dawet Jepara ini karena rasanya cocok di lidah. Ia mengatakan rasa manis yang pas bercampur sedikit asam dan harumnya ketan hitam menjadi keunikan dan kenikmatan tersendiri sehingga siapa saja yang menikmatinya memberikan rasa segar dan bakalan balik lagi. "Hanya es dawet Jepara saja yang menggunakan gerabah sehingga menjadi keunikan tersendiri," katanya.

Pembeli es dawet Jepara lainnya, Johan juga mengatakan yang hal yang senada. Menurutnya, selain harganya yang terjangkau, rasanya juga enak, manis bercampur asam, jadi bikin seger. (Dinda)

Loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com