Klikbabel.com



Papua Terima 10 dan 51% Divestasi Saham PT Freeport Indonesia

Senin, 15 Januari 2018 | 09:17 WIB Dibaca sebanyak 332 kali
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Foto : dok kemenkeu.go.id)

Klikbabel.com,Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika akan memperoleh bagian sebesar 10% dari divestasi kepemilikan 51% saham Pemerintah Indonesia atas saham PT Freeport Indonesia.

Hal ini disampaikan Menkeu dalam penandatanganan perjanjian antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kabupaten Mimika, dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) (PT Inalum) tentang Pengambilan Saham Divestasi PT Freeport Indonesia di aula Mezzanine, Gedung Djuanda I, Kantor Pusat Kementerian Keuangan.

Adapun porsi hak atas kepemilikan saham tersebut akan digunakan antara lain untuk hak masyarakat adat dan peningkatan mutu kehidupan masyarakat setempat yang terkena dampak lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas pertambangan PT Freeport Indonesia.

“Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika secara bersama-sama akan memiliki hak atas saham PT Freeport Indonesia sebesar 10% sesudah divestasi. Porsi hak atas kepemilikan saham tersebut termasuk mengakomodir hak-hak dari masyarakat pemilik hak ulayat dan masyarakat yang terkena dampak permanen dari usaha PT Freeport Indonesia” tambahnya.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : kemenkeu.go.id

Topik