Klikbabel.com


Disperindag Dorong Koperasi Garap Sektor Produktif

Senin, 15 Januari 2018 | 13:21 WIB
Kabid Koperasi Dan UMKM Disperindag kota Pangkalpinang, Nurledi (Apriliansyah/klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pangkalpinang mengharapkan agar koperasi yang ada sekarang ini untuk menggarap sektor produktif ataupun konsumtif. Hal ini disampaikan oleh Nurledi, selaku Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UMKM di Disperindag Kota Pangkalpinang, ketika ditemui Klikbabel.com, Senin (15/1/2017). "Kita harapkan dan lebih mantap untuk garap sektor produksi maupun konsumsi," ujarnya.

 Menurut Nurledi, dominan koperasi yang ada di Pangkalpinang saat ini adalah koperasi yang bergerak dalam kegiatan simpan pinjam. "Dari 80 yang aktif tersebut, dominan mereka bergerak dalam kegiatan simpan pinjam," ujarnya.

Menurutnya, mengelola koperasi simpan pinjam memang lebih mudah ketimbang mengelola koperasi dari segi sektor produksi maupun konsumsi. "Kalau mengelola koperasi simpan pinjam memang lebih fleksibel dan simpel, cukup menghimpun dana kemudian pendistribusian dana tersebut," terangya.

Diakui Nurledi saat ini koperasi yang mengelola sektor produksi maupun konsumsi dari segi jumlah terbilang sedikit. Misalnya pernah ada koperasi yang mengelola sektor produksi seperti koperasi tahu tempe. Mungkin dikarenakan faktor SDM ataupun pengelolaan jejak koperasi tersebut pun terhenti. "Dulu kita ada koperasi tahu tempe, cuma karena tidak aktif akhirnya tidak ada kabar lagi," ujarnya.

Ditambahkan Nurledi, dengan adanya koperasi yang menggarap sektor produksi maupun konsumsi, itu bisa menjadi salah satu kemudahan dalam mengakses bantuan berupa modal ataupun sejenisnya. "Misalnya ada koperasi nelayan, itu bisa jadi akses bagi mereka untuk dapat bantuan mengembangkan koperasinya, misalnya alat tangkap, kemudian modal usaha atau bantuan lain", imbuhnya.

Lebih lanjut ia sampaikan, dengan adanya koperasi yang bergerak di sektor produksi juga akan membuka lapangan pekerjaan baru dan memiliki kontribusi terhadap pendapatan daerah. "Koperasi yang bergerak di sektor tersebut, jelas akan membuka lapangan pekerjaan baru, dan juga otomatis akan memiliki kontribusi terhadap pendapatan daerah, setiap koperasi punya NPWP, nah itukan ada pajak yang harus mereka sisihkan untuk ke daerah," katanya.

Dengan demikian, Disperindag kota Pangkalpinang terus melakukan sosialisasi, pembinaan, dan pendampingan kepada beberapa koperasi agar terus berkembang dan kemungkinan untuk bergerak dalam sektor produktif maupun konsumtif. "Kita terus melakukan sosialisasi, pembinaan bahkan pendampingan untuk hal ini," tutupnya. (Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com

Topik