Klikbabel.com


Hasil Olah TKP, Arus Pendek Listrik Penyebab Kebakaran Rumah Ayol

Sabtu, 13 Januari 2018 | 17:04 WIB
Proses olah TKP oleh tim dari SPKT Polres Bangka Selatan terhadap kebakaran yang menimpa salah satu warga desa Serdang Jumat malam lalu.(Foto : Wiwin Suseno/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Setelah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lokasi kebakaran kediaman Ayol, salah seorang warga desa Serdang Kecamatan Toboali, Sabtu (13/1/2018), SPKT Polres Bangka Selatan (Basel) dan Unit Ident yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Basel Kompol. Erlichson menyimpulkan, kebakaran yang terjadi pada Jumat (12/1/2018) malam tersebut disebabkan karena arus pendek kabel listrik.

Menurutnya, setelah mendapatkan keterangan dari beberapa saksi mata, diketahui kemungkinan besar terjadinya kebakaran karena konsleting kabel listrik dari kabel induk menuju terminal kuningan (Colokan) listrik. Kabel tersebut jelasnya berjenis serabut yang terpotong pada bagian tengah kabel, setelah ditemukan adanya potongan kabel yang meleleh.

"Selain mendapatkan keterangan dari beberapa warga sekitar, berdasarkan olah TKP Tim Ident kebakaran itu disebabkan karena terjadi korsleting dari kabel induk menuju terminal kuningan. Jejak itu baru diketahui setelah ditemukannya potongan kabel yang meleleh dan terminal kuningan masih dalam keadaan utuh dan di dekat tumpukan kabel tersebut ditemukan abu putih yang merupakan sisa dari pembakaran kayu dalam waktu lama," jelasnya kepada wartawan usai memimpin olah TKP seizin Kapolres Basel AKBP. Bambang Kusnarianto, SIK.

Hasil sementara jelasnya, kabel yang konslet mengeluarkan percikan api, percikan api tersebut menyambar dinding kayu sehingga terjadinya nyala api yang membakar kayu serta perabot rumah tangga yang ada di dalamnya. Berdasarkan hasil identifikasi menurutnya tidak ditemukan bukti-bukti bahwa kebakaran tersebut terjadi karena ketersengajaan atau dibakar.

Oleh karena, itu dirinya menyarankan kepada Bhabinkamtibmas desa Serdang untuk memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat untuk menggunakan tenaga teknisi yang kualitasnya bersertifikasi atau oleh pihak PLN apabila akan memasang listrik. Dan ia juga menyarankan kepada Bhabinkamtibmas untuk berperan aktif dalam sosialisasi aplikasi Babel Gun, dikarenakan pada aplikasi tersebut terdapat nomor-nomor penting yaitu Kepolisian, Damkar, Ambulan dan BNPB Tim Sar sehingga jika terjadi suatu kejadian dapat direspon secara cepat.

Sementara itu Kapolres Basel AKBP. Bambang Kusnarianto, SIK juga turut menyampaikan rasa empati kepada keluarga korban. Sebelumnya Ia juga telah mengimbau kepada masyarakat yang mengetahui awal kejadian kebakaran agar dapat membantu memberikan keterangan sebagai petunjuk titik asal api bermula, guna kepentingan penyelidikan.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com