Klikbabel.com


Angin Kencang, Nelayan Terpaksa Parkirkan Perahu

Sabtu, 13 Januari 2018 | 16:20 WIB
Beberapa perahu milik nelayan di dermaga TPI, Pangkalpinang terparkir akibat cuaca ekstrem di Pangkalpinang.(Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikabel.com,Pangkalpinang - Angin kencang yang terjadi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akhir-akhir ini berdampak terhadap kondisi nelayan. Pantauan klikbabel.com, Sabtu (13/1/2018) di dermaga Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Ketapang, kelurahan Temberan, Pangkalpinang, tampak beberapa perahu nelayan ditambatkan.

Mussaka, salah satu nelayan yang ditemui klikbabel.com mengatakan, dirinya untuk sementara ini berhenti melaut karena angin kencang dan gelombang tinggi. "sementara berhenti dulu, karena angin kencang, tangkapan juga tidak seberapa," ujarnya.

Senada dengan Amir, salah satu nelayan lainnya yang ditemui klikabel.com juga mengungkapan hal yang sama. Kondisi angin kencang dan gelombang tinggi sudah dirasakan sepekan terakhir, yang akhirnya membuat dirinya untuk memutuskan berhenti melaut. "Gelombang tinggi, sudah satu minggu lah, kami kemarin sudah tempat turun, tapi kondisi tidak memungkinkan, juga ada imbauan agar tidak melaut, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Angin kencang tersebut cukup mempengaruhi hasil tangkapan, dikatakannya biasa dirinya mendapatkan tangkapan sekitar 2 sampai ton. Namun karena kondisi seperti ini tangkapan sangat jauh berkurang. "Kalau biasa kita dapat sekitar 2 ton lah, campur ikan besar maupun kecil, cumi juga ada," terangnya.

Karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk turun melaut, dirinya mengatakan  hanya melakukan perawatan terhadap kondisi perahu sembari menunggu kondisi angin kembali normal. "Mau tidak maulah, pemasukan tidak ada, jadi kita cuma cek kondisi perahu saja, perawatan lah," tutupnya. (Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com