• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Disperindag Pangkalpinang Siap Fasilitasi Perkembangan dan Kemajuan UMKM

Jumat, 12 Januari 2018 | 09:14 WIB
Kabid Koperasi Dan UMKM Disperindag Kota Pangkalpinang, Nurledi. ( Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Dengan meningkatnya jumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)  Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pangkalpinang siap memfasilitasi kemajuan dan perkembangan UMKM. Hal ini disampaikan langsung oleh Nurledi selaku Kepala Bidang (Kabid) Koperasi dan UMKM Disperindag Kota Pangkalpinang saat ditemui Klikbabel.com, Kamis (11/1/2018) Sore.

"Dari segi jumlah sangat banyak, kita mengacu kepada data sensus ekonomi tahun 2016 lalu, data yang kita miliki langsung dari keluarahan. Ada sebanyak 7.000 lebih UMKM," ujarnya.

Dikatakan Nurledi, dengan meningkatnya pertumbuhan UMKM maka harus dibarengi dengan peningkatan kualitas, sehingga setiap produk yang dihasilkan mampu berkompetisi dengan produk lain. "Kualitas sebuah produk itu sangat penting, kehigienisan produk, kalau itu berkaitan dengan makanan,  pengemasan, harga dan juga sertifikat halal sehingga konsumen tidak ragu dan merasa puas," imbuhnya.

Kemudian diungkapkannya, dalam rangka menjaga kualitas dan pemasaran produk, Disperindag Pangkalpinang menyiapkan beberapa program, seperti pembinaan, pelatihan, dan pendampingan. "Kita siapkan beberapa program seperti pembinaan kualitas SDM, pelatihan, juga pendampingan," imbuhnya.

Selanjutnya untuk meningkatkan kualitas dari UMKM yang memang sudah potensial, Disperindag sudah menyiapkan tim pendampingan. "Kita punya tim, ada enam orang yang memang khusus untuk melakukan pendampingan terhadap UMKM yang potensial," terangnya.

Nurledi menjelaskan, UMKM yang memiliki potensial adalah UMKM yang memiliki kemampuan berkembang juga kontinuitas dalam hal produksi, misalnya UMKM yang sesuai dengan karakteristik daerah seperti produk olahan hasil laut. "Daerah kita kaya dengan hasil laut, makanya sampai saat ini yang potensial adalah UMKM yang bergerak dalam produk olahan hasil laut," tukasnya. (Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com