• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Dinas Pertanian Siapkan 3,4 Juta Bibit Lada ke Petani

Jumat, 12 Januari 2018 | 15:55 WIB
Kepala Dinas Pertanian Toni Batubara (Ruci/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) komitmen untuk kembali meningkatkan serta mengembalikan masa kejayaan Bangka Belitung menjadi provinsi penghasil lada terbesar di Indonesia. 

Komitmen itu, akan diwujudkan Kepala Dinas Pertanian Toni Batubara, Jumat (12/1/2018) yang akan memberikan bantuan bibit lada kepada para petani. Dikatakan bahwa pihaknya akan memberikan bantuan bibit lada sebanyak 3,4 juta bibit lada kepada para petani.

Karena lada merupakan program unggulan di sub sektor perkebunan yang ada di Babel dan akan mengambalikan marwah Babel sebagai provinsi penghasil lada terbesar di Indonesia, maka kesuksesan para petani lada diawali dengan bibitnya.  

"Sebanyak 3,4 juta bibit lada akan didistribusikan kepada para petani dengan syarat petani atau kelompok tani harus memilki lahan sendiri dan harus di tanam sendiri pula," jelas Toni.  

Selain itu kata Toni, para petani atau kelompok tani harus dengan serius megelolah sehingga dapat meningkatkan ekonomi petani itu sendiri di bawah bimbingan dinas yakni dengan mengikuti penyuluhan tentang teknis tentang pengelolaan lada oleh penyuluh pada bidangnya.  

"Saat ini Gubernur sedang gencarnya dalam mempromosikan program lada khususnya kepada petani lada ini, pasalnya lada sudah menjadi mata pencaharian petani kita untuk dapat meningkatkan harga dengan program resi gudang," katanya.

loading...
loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com