Klikbabel.com


Bayu Martanto Sebut Pimpin BI Babel Pengalaman yang Menantang

Jumat, 12 Januari 2018 | 14:59 WIB
Mantan Kepala Perwakilan BI Babel, Bayu Martanto.(Foto : Yodea Putri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) yang dilaksanakan Jumat, (12/1/2018) di Novotel menjadi penanda berakhirnya tugas Bayu Martanto sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Babel. Selama tiga tahun dirinya menjadi Kepala otoritas perbankan di Babel.

Selama tiga tahun bertugas di Babel, Bayu mengungkapkan memiliki kesan tersendiri. Bahkan, ia menilai tugasnya di Babel cukup menantang. "Pengalaman yang sangat menarik dan menantang," ungkapnya. Salah satu hasil yang terlihat dari perannya selama di Babel yakni inflasi Babel di 2017 yang dinyatakan stabil. 

"Kepulauan kita masih mengirim bahan makanan dari luar, nah ini suatu tantangan untuk kita, bagaimana inflasi di Babel bisa lebih stabil, dan Alhamdulillah di tahun 2017 kemarin tercatat inflasi di bawah nasional sebesar 3,13 persen dan maksimal 3,61 persen," jelasnya.

Sedangkan untuk pertumbuhan ekonomi, Bayu mengungkapkan tren terus menurun sesuai dengan harga komoditas, karena Babel bergantung pada pengusaha tambang khususnya timah. "Pertumbuhan ekonomi kalau saya lihat trennya terus menurun sesuai dengan harga komoditas, karena kita terus bergantung kepada pengusaha tambang, dan ini juga masih menjadi PR, karena memang ini tidak bisa diselesaikan dalam kurun waktu yang singkat" ungkapnya.

Bayu meneruskan, hal ini juga harus dilakukan secara bertahap untuk mengembangkan semua sektor termasuk dari pertambangan ke sektor lainnya. Karena, jika dilakukan secara mendadak maka akan mengganggu perekonomian sendiri. "Hal ini harus dilakukan secara bertahap, bagaimana kita bisa alihkan dari sektor pertambangan ke lainnya seperti sektor perkebunan lada dan perikanan. Karena jika dilakukan mendadak, malah menganggu perekonomian Babel," sebutnya.

Bayu berharap dan yakin Tantan Heroika selaku Kepala Perwakilan BI sekarang bisa meneruskan apa yang sudah dilakukannya selama berada di Bumi Serumpun Sebalai. "Saya yakin beliau bisa meneruskan sebagai pengganti saya," tutupnya. (Dinda Agus Tiantie)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com