• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Drainase Tak Berfungsi dan Hilang RTH Penyebab Banjir Air Kepala Tujuh

Sabtu, 06 Januari 2018 | 20:13 WIB
Tim BPBD menyusuri genangan air di Kelurahan Air Kepala Tujuh.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Hilangnya fungsi saluran air atau drainase sebabkan wilayah Kelurahan Air Kepala Tujuh Kecamatan Gerunggang, Pangkalpinang di genangi air. Diketahui sebelumnya, setelah hujan lebat melanda Pangkalpinang, kemarin Jumat (5/1/2018) menyebabkan di wilayah Kelurahan Air Kapala Tujuh dihuni air dengan ketinggian kurang lebih satu meter. 

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang, Mikron Antariksa setelah melakukan evakuasi di lokasi tersebut. Dirinya mengatakan bahwa penyebab banjir di daerah tersebut dikarenakan fungsi saluran air di daerah tersebut tidak berfungsi pada umumnya. "Saluran air yang ada sudah tidak berfungsi sebagai mana mestinya sehingga air tidak tidak dapat beraktifitas dan mengalir," ucap Mikron, Sabtu (6/1/2018). 

Tidak hanya itu, ungkapnya terhentinya aktifitas air tersebut diakibatkan hilangnya lahan terbuka hijau di daerah tersebut yang mana telah berubah menjadi perumahan. Sedangkan untuk membuat saluran baru saat ini masih terkendalanya sengketa wilayah antara Kabupaten Bangka dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang. "Alhamdulillah sejak pukul 23:00 Wib tadi malam air sudah surut, hanya saja air masih menggenangi di halaman rumah warga," katanya.  

Walau demikian, lanjut mantan Kepala Dinas Sosial Kota Pangkalpinang itu mangatakan bahwa tim dari Satuan Reaksi Cepat (SRC) BPBD Kota Pangkalpinang terus melakukan bantuan evakuasi di daerah tersebut baik itu menyiapkan posko dan shelter pengungsian jika korban mau dan apabila air terus naik.

"Kami juga tetap berkordinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pangkalpinang untuk melakukan tindakan lebih lanjut terhadap drainase tersebut," pungkas Mikron.  



Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com