• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kita Mart, Pelopor Mini Market Syariah di Babel

Suasana soft launching Kita Mart berbasis syariah di Babel.(Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Mini market berbasis syariah telah hadir di kota Pangkalpinang. Adalah Koperasi Syariah Barokah Inti Sejahtera yang mendirikan unit usaha mini market pertamanya yakni Kita Mart beralamatkan di ruko Graha Rosmania jalan Yos Sudarso no. B 23,  Gabek 2 Pangkalpinang.

Rusdianto Zainal Ilmi selaku Ketua dan sekaligus pencetus ide Kita Mart Babel menjelaskan, yang mendasari pendirian mini market ini adalah terkait keperluan pemenuhan kebutuhan umat dalam berbelanja, khususnya umat Islam sendiri. "Secara jumlah kita mayoritas, setidaknyalah kita mempunyai satu market, pasar atau kita umat Islam bisa berbelanja di pasarnya sendiri," ujarnya kepada klikbabel.com, Selasa (2/1/2018) sore.

Kita Mart sendiri, dijelaskan Rusdianto mini market berbasis syariah dengan konsep "Mulai dari Umat oleh Umat dan untuk Umat". Selanjutnya dikatakan Rusdianto, Kita Mart merupakan sebuah proses untuk menjalankan ekonomi secara berjamaah atau komunitas, sehingga upaya untuk merealisasikan berbelanja yang bisa mendatangkan kemaslahatan besar bagi umat sendiri.

Ketika ditanya tentang landasan lain yang mendasari pendirian Kita Mart, ia menegaskan aksi 212 merupakan salah satu  spirit yang melandasi berdirinya Kita Mart. "Kalau melihat dari sejarah, konsep Kita Mart sudah berdiri sejak sebelum adanya aksi tersebut, namun ketika adanya aksi tersebut lebih menambah gairah umat untuk merapatkan shaft. Saft di sini artinya dalam segala aspek, kita bisa berjamaah,  seperti halnya aspek ekonomi ini", terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ada beberapa kemaslahatan yang bisa didapatkan dengan bergabung di Kita Mart. Hal ini juga sebagai pembeda antara Kita Mart dengan beberapa mini market lain. Rusdianto mengatakan ketika seseorang menjadi anggota Kita Mart, maka secara langsung dia juga sudah menjadi investor, buyer dan marketer. Investor dalam artian seseorang berpartisipasi untuk menjadi anggota dengan berinvestasi sebesar Rp1 juta.

"Banyak perbedaan dengan yang lain. Ketika kita bergabung dengan Kita Mart maka kita telah menjadi investor, dia menjadi pemilik toko. Jadi di Kita Mart ini, kepemilikannya bukan tunggal tapi komunitas atau kolektif, selanjutnya kita bisa menjadi marketer atau promoter untuk mengajak orang lain berbelanja di toko ini," imbuhnya.

Selanjutnya dikatakannya setiap yang bergabung dengan Kita Mart setidaknya mendapatkan dua faedah yakni dunia dan akhirat. "Faedah dunia yah seperti ini, kalau saya break down, berupa keuntungan yang diberikan kepada anggota setelah dipotong  biaya operasional, kemudian ada alokasi faedah akhirat yakni sebesar 7,5 persen. Dengan rincian 5 persen alokasi untuk anak yatim piatu dan kaum dhuafa, sementara 2,5 persen kita gunakan untuk syiar Islam, itu keuntungan yang kita peroleh. Harapan saya bagi yang belum bergabung agar bisa bergabung dan berinvestasi, karena ini sangat bermanfaat bagi kebangkitan ekonomi umat," tutupnya.(Apriliansyah)

Loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com