Klikbabel.com


Sepanjang Tahun Ombudsman Terima 160 Laporan Maladministrasi

Sabtu, 30 Desember 2017 | 18:03 WIB
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel, Jumli Jamaluddin saat diwawancarai wartawan.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Berdasarkan laporan, pengaduan masyarakat terhadap dugaan maladministrasi yang masuk ke Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun 2017 meningkat yaitu 160 laporan. Diakuinya, dalam jumlah laporan maupun pengaduan masyarakat yang masuk ke Ombudsman RI Babel ini, meningkat dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2016 sebanyak 136 laporan yang masuk, di tahun 2015 sebanyak 120 laporan, 2014 sebanyak 144 laporan, dan 2013 sebanyak 13 laporan. 

Dikatakan Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Babel, Jumli Jamaludin laporan itu sepanjang tahun sejak Januari sampai 29 Desember 2017. "Dari 160 pengaduan tersebut baik yang datang langsung, melalui surat, email, telepon, maupun secara inisiatif, merupakan pengaduan yang sudah diregistrasi, yang sedang tahapan diverifikasi, dan yang sudah ditindaklanjuti, yang sedang dalam proses tindaklanjut penyelesaiannya maupun yang sudah dinyatakan selesai dan ditutup," ujarnya. 

Diakuinya, dari pengaduan dan laporan yang masuk ke Ombudsman Babel tersebut, yang dinyatakan lengkap terverifikasi dan diregistrasi ke aplikasi serta menjadi kewenangan Ombudsman dalam menindaklanjutinya sejumlah 140 laporan dan pengaduan. Sedangkan 21 laporan pengaduan yang sisanya 17 laporan dan pengaduan tidak memenuhi syarat formil, seperti tidak melengkapi bukti identitas diri maupun dokumen pendukung lainnya dan ada juga tidak memenuhi syarat materil. 

Kemudian juga laporan dan pengaduan tersebut bukan menjadi kewenangan Ombudsman sehingga tidak bisa ditindaklanjuti lebih lanjut. "Ada empat laporan dan pengaduan lainnya masih dalam permintaan kelengkapan data berupa bukti identitas diri ataupun dokumen pendukung lainnya," terangnya. 



Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com