Klikbabel.com



Jelang Tahun Baru Jagung Banyak Peminat, Harga Melonjak

Sabtu, 30 Desember 2017 | 17:50 WIB Dibaca sebanyak 344 kali
Pedagang jagung, Arul tampak sedang melayani pembeli. (Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Sehari menjelang tahun baru 2018, harga jagung terpantau naik. Hal ini didapat dari pantauan klikbabel.com di Pasar Pagi pangkalpinang, Sabtu (30/12/2017). Peminat jagung yang tinggi menjadi alasan naiknya harga jagung. Salah satu pedagang jagung yang ditemui di lapaknya, Ari menjelaskan untuk jagung ukuran besar yang semula hanya Rp5000 per kilogram sekarang menjadi Rp8000 perkilogram, sedangkan jagung ukuran kecil yang semula Rp4000 per kilogram sekarang menjadi Rp7000 per kilogram. "Karena menjelang tahun baru, jadi harga dari petani ikut naik," terangnya.

Dengan penjualan yang meningkat, Ari juga menambah stok jagung mencapai 100 persen dari semula hanya 100 kilogram perhari, sekarang 200 kilogram. "Stok yang kami ambil saat ini 200 kilo perhari dari sebelumnya cuma 100 kilo, Alhamdulillah habis terus," tutupnya. 

Sementara, pedagang lainnya Arul (45) mengatakan, permintaan jagung menjelang malam tahun baru mengalami peningkatan. Terkait dengan harga, dirinya mengatakan masih ada kemungkinan mengalami kenaikan. "Permintaan banyak jelang malam tahun baru," katanya.

Ketika ditanya dari mana jagung tersebut didatangkan, Arul menyebutkan bahwa jagung tersebut asli berasal dari petani Bangka bukan didatangkan dari luar. "Ini asli dari kebun di wilayah kampung Zed, jadi kami ambil langsung dari petani di sana," ucapnya.

Lebih jauh, dengan perubahan cuaca yang terjadi di kota Pangkalpinang beberapa waktu terakhir ini, Arul menjelaskan tidak mempengaruhi hasil panen jagung dari segi kualitas maupun kuantitas. "Cuaca yang kadang panas, kadang hujan tidak mempengaruhi hasil panen. Kondisi jagung tetap baik, hasil panen lumayan lah jika dari tahun kemarin," tutupnya. (Dinda Agus Tiantie / Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com