• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Setiap Tahun Pembayaran Santunan Jasa Raharja Terus Meningkat

Kamis, 28 Desember 2017 | 16:42 WIB
Data pengeluaran santunan Jasa Raharja kepada masyarakat.(Foto : Apriliansyah/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Pembayaran santunan PT. Jasa Raharja (Persero) Bangka Belitung (Babel) kepada korban dan ahli waris korban kecelakaan lalu lintas dalam kurun waktu 2017 mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Unit Operasional PT. Jasa Raharja (Persero) Babel, M. Nurul Subekti ketika ditemui klikbabel.com, Rabu (27/12/2017). "Untuk nominalnya cukup tinggi," ujarnya.

Berdasarkan data yang diterima klikbabel.com, hingga kurun waktu 31 Oktober 2017 saja, PT. Jasa Raharja Babel membayarkan santunan dengan total Rp6,2 Miliar, dibandingkan dengan 2015 sebesar Rp5,3 Miliar dan 2016 sebesar Rp5 Miliar. Diungkapkan Nurul, pembayaran santunan berlaku untuk beberapa kategori, seperti meninggal dunia, luka-luka, cacat tetap hingga biaya penguburan. Sedangkan terkait dengan mekanisme pembayaran, Nurul menjelaskan, pihaknya akan mengeluarkan santunan apabila data dari pihak Kepolisian dinyatakan lengkap selama 1x 24 jam.

Berkas-berkas pendataan yang tercantum dalam formulir harus diisi sebagai prosedur dalam pengajuan santunan. "Selama berkas lengkap langsung dibayar. Adapun sebagai dokumen dasar pengajuan santunan adalah laporan kepolisian, karena instansi kepolisian adalah pihak yang berwenang menentukan benar tidaknya telah terjadinya kecelakaan lalulintas. Makanya, tanpa adanya laporan kepolisian kita tidak dapat memproses," ungkapnya.

Ketika disinggung terkait proyeksi pada 2018, dirinya mengatakan masih fokus untuk menekan angka kecelakaan lalulintas di seluruh wilayah Babel. "Kita fokus menekan angka kecelakaan yang terjadi di seluruh wilayah Bangka Belitung. Upaya yang telah kita lakukan selama ini seperti sosialisasi di media cetak atau elektronik, mendatangi stakeholder Jasa Raharja seperti rumah sakit. Memberikan bantuan alat keselamatan lalulintas, terutama kepada pihak kepolisian," tutupnya.(Apriliansyah)



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com