Klikbabel.com


Kantor Partanahan Pangkalpinang Masuk Zona Hijau

Selasa, 26 Desember 2017 | 15:59 WIB
Kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel, Jumli Jamaluddin saat diwawancarai wartawan.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Berdasarkan hasil penilaian standar publik 2017 secara nasional, Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Bangka Belitung (Babel) kantor pertanahan Kota Pangkalpinang dibawah naungan Kepala Wilayah (Kanwil) Kementrian ART/BPN, memperoleh nilai kepatuhan tinggi (zona hijau). 

Dalam penilaian tersebut, Kantor Pertanahan Kota Pangkalpinang mendapatkan nilai kepatuhan dengan nilai rata rata 110. Hal serupa juga diperoleh kabupaten Bangka dengan nilai 110, disusul kabupaten Bangka Barat (Babar) dengan nilai 102, setelah itu diikuti kabupaten Belitung Timur (Beltim) dengan nilai 91,50.

Dikatakan Kepala Ombudsman RI perwakilan Babel Jumli Jamaludin, penilaian tersebut dinilai dari 141 kantor pertanahan yang ada di Indonesia yang dijadikan sample penilaian oleh Ombudsman RI tahun 2017. Hal ini berdasarkan kepatuhan standar pelayanan publik yang diamanahkan dalam UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yang dilakukan terhadap instansi atau lembaga vertikal pada masing-masing Kementrian atau lembaga.

Dijelaskannya, penilaian tersebut bertujuan untuk mempercepat peningkatkan kualitas pelayanan publik dan sebagai pelaksanaan Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Jangka Menengah Nasional (RJMN) tahun 2015-2019. Dari itu, Ombudsman RI mendorong penyelenggaraan pelayanan publik mematuhi amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik tersebut. 

"Ombudsman Babel mengharapkan untuk diberikan apresiasi kepada pimpinan unit pelayanan publik, hal ini penting sebagai bentuk penghargaan standar pelayanan dalan rangka meningkatkan kualitas layanan publik," imbaunya.



Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com