Klikbabel.com


Waspada Curah Hujan Ekstrem Perayaan Natal dan Tahun Baru

Sabtu, 23 Desember 2017 | 09:27 WIB
Nur Setiawan Staf Analisa dan Prakiraan BMKG Kota Pangkalpinang (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan pada bulan Desember dan Januari bertepatan dengan perayaan hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 merupakan puncak curah hujan di Wilayah Bangka Belitung (Babel).

"Secara umum diperkirakan pada bulan Desember-Januari memasuki puncak musim hujan, curah hujan sedang dan lebat masih berpotensi di wilayah Babel," kata Nur Setiawan Staf Analisa dan Prakiraan BMKG Kota Pangkalpinang kepada Klikbabel.com, Jumat (22/12/2017).

Untuk itu, tercatat suhu rata-rata di Wilayah daratan Babel berkisar 23-31 derajat celcius, kecepatan angin 20-30 Km per jam dan kelembaban udara rata-rata 70-100 persen.

BMKG juga mengimbau perlu tingkat kewaspadaan untuk transportasi udara dan darat mengingat pada bulan tersebut berpotensi curah hujan ekstrim dan angin kencang.

"Pada bulan Desember hingga Januari atau menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, rawan terjadi curah hujan ekstrim dan angin kencang sehingga perlu tingkat kewaspadaan untuk transportasi udara atau pada saat take off dan landing pesawat, dan pada jalur darat, jarak pandang berkurang dan kalan menjadi licin sehingga rawan kecelakaan," terangnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com