Klikbabel.com


Pemkot Pangkalpinang Peringati Hari Ibu Ke-89

Jumat, 22 Desember 2017 | 14:38 WIB
Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah saat memperingati Hari Ibu (Ruci/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang- Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melaksankan upacara peringatan Hari Ibu (PHI) ke 89 tahun 2017, bertempat di Hotel Cordela Kota Pangkalpinang, Jumat (22/12/2017). 

Upacara PHI itu langsung dihadiri oleh Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah beserta jajarannya. Dalam sambutannya peringatan Hari Ibu ini diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia yang mana telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Peringatan hari ibu juga menunjukan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukan dengan laki laki. Dalam momentum hari ibu juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua tentang berbagai upaya yang telah di lakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan di semua bidang pembangunan.

Dikatakannya pula, arti penting lain dari PHI adalah upaya untuk mewariskan nilai-nilai luhur dan semangat perjuangan yang terkandung dalam sejarah perjuangan kaum perempuan kepada seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi penerus bangsa agar mempertebal tekad dan semangat untuk bersama-sama melanjutkan dan mengisi pembangunan dengan dilandasi semangat persaturan dan kesatuan.

"Perempuan dan laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara, di dalam mencapai tujuan negara serta memperjuangkan kesejahteraan di semua bidang pembangunan seperti pendidikan, ekonomi, sosial, politik, dan bidang hukum," ucap Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah, Jumat (22/12/2017).  

Dengan melihat situasi kondisi bangsa Indonesia saat ini sedang menghadapi situasi yang darurat. "Kami berkeyakinan bahwa dengan bekerjasama, gotong royong, saling membantu, bahu membahu, kita dapat melakukan sesuatu dan mencapai hasil yang kuat, terlebih tidak melakukan dan menghentikan semua bentuk kekerasan dalam ranah publik maupun domestik," harapnya.  

Dalam hal ini, pelibatan dan peningkatan peran kaum laki-laki dan keluarga dalam pembangunan juga menjadi bagian yang penting dalam rangka penghapusan segala bentuk diskriminasi dan tindak kekerasan lainnya serta sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa. "Maraknya berbagai persoalan bangsa dan kompleksitas masalah sosial yang terjadi di masyarakat seperti kekerasan termasuk Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), pornografi, infeksi menular, seksualitas dan HIV/AIDS narkoba, kriminalitas dan lainnya yang disebabkan karena runtuhnya pondasi ketahanan dalam keluarga," jelas Walikota.  

Oleh karena itu, peran keluarga di tuntut untuk lebih memperkuat dibarengi dengan penanaman nilai-nilai kekeluargaan yang apabila di cermati telah diwariskan oleh para leluhur kita sejak dahulu kala. "Kami mengajak semua perempuan untuk maju terus mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri dan meningkatkan kualitas dan kapasitas dirinya sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga masyarakat dan bangsa," tutupnya.



Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com