• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cuaca Ekstrem, Konsumsi Ikan Tawar Bisa Jadi Alternatif

Selasa, 19 Desember 2017 | 14:58 WIB
Ikan air tawar jenis Lele di Pasar Kite Sungailiat. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com,Sungailiat - Prediksi cuaca ekstrim disertai dengan gelombang besar, akan terjadi dalam beberapa bulan kedepan. Hal tersebut juga akan membuat sebagian nelayan enggan untuk melaut demi faktor keselamatan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangka, H Ahmad Sapran menilai, sedikit banyaknya hal tersebut akan berdampak terhadap pasokan ikan di pasaran yang menjadi berkurang dan harga cenderung akan meningkat. "Ikan air laut nanti pasti berkurang dan harga juga menjadi naik karena stok ikan menjadi sedikit," jelasnya Selasa (18/12/2017).

Terkait hal ini, Sapran menganjurkan kepada masyarakat untuk juga dapat mengkonsumsi dengan menggantikannya mengkonsumsi ikan air tawar. Ia melanjutkan, saat ini pihaknya juga sedang menggiatkan kegiatan budidaya air tawar bersama para nelayan serta masyarakat.

''Agar masyarakat sering mengkonsumsi ikan air tawar seperti ikan Nila, Gurami dan sebagainya. Ikan air tawar itu enak dan gizinya tinggi, sama juga dengan ikan laut," tuturnya.

Sementara itu, Sapran menambahkan, potensi budidaya ikan air tawar di Kabupaten Bangka juga sangat besar dengan memanfaatkan kolong bekas tambang. Diharapkan potensi yang belum banyak tergarap ini, dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memelihara ikan air tawar dan lainnya di Kabupaten Bangka.

Loading...


Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com