• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


TI Kembali Beroperasi, Warga Ingatkan Tragedi Tempilang

Jumat, 15 Desember 2017 | 14:45 WIB
Beberapa ponton TI yang terlihat beraktifitas di kawasan kolong Merbuk dan Kenari, Bangka Tengah.(Foto : Riski Yuliandri/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Koba - Warga yang tinggal di sekitar kolong Merbuk dan Kenari kembali resah dengan hadirnya puluhan ponton Tambang Inkonvensional (TI), Jumat (15/12/2017). Adanya aktifitas tambang tersebut, warga khawatir akan terjadi banjir yang beberapa waktu lalu sempat melanda Koba dan sekitarnya akibat pertambang.

Salah satu warga, SR mengatakan bahwa ia dan warga sekitar lokasi merasa terganggu dengan keberadaan tambang timah tersebut. Selain takut akan terjadinya banjir, suara yang dihasilkan oleh mesin TI. "Mereka kerjanya gak kenal waktu lagi, kadang sampai 24 jam. Kami yang rumahnya didekat sini ngerasa terganggu, mau tidur saja susah karena suara mesin TI mereka," ungkapnya.

Ia meminta Pemerintah mengambil sikap tegas untuk menertibkan tambang ilegal di bekas PT Koba Tin tersebut. Selama ini, tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah dan kepolisian tidak menimbulkan efek jera. "Sudah semingguan ini mereka menambang lagi, kemarin sudah ada yang ditangkap tapi cuma dikurung beberapa bulan saja. Kemarin sudah terjadi (pembakaran TI) di Tempilang, jangan sampai terjadi lagi di sini," tambahnya.

Loading...


Penulis  : Riski
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com