• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Erzaldi : Tour de Babel Harus Lintasi Objek Wisata Terbaik Babel

Rabu, 13 Desember 2017 | 20:33 WIB
Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel beserta perwakilan ISSI saat rapat pembahasan Tour de Babel.(Foto : ist)

klikbabel.com,Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dr H Erzaldi Roesman Djohan mengapresiasi rencana balap sepeda internasional Tour de Babel, yang dijadwalkan bulan April 2018 mendatang. Erzaldi meminta pihak penyelenggara dari Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Babel dan Indonesia Grand Prix (IGP), agar Tour de Babel ini melewati lokasi-lokasi wisata di Babel. 

Tujuannya, melalui Tour de Babel ini, kedepannya bisa menarik perhatian wisatawan mancanegara dan nasional. "Rutenya harus melewati objek-objek wisata, seperti geopark, lokasi wisata sejarah, wisata religi dan pantai-pantai yang memanjang dari selatan hingga utara Bangka. Dan juga jangan lupa melewati lokasi-lokasi wisata di Pulau Belitung," pesan Erzaldi saat bertemu dengan pihak penyelenggara dari ISSI Babel dan GPI, Rabu (13/12/2017).

Hal sama juga disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Babel A Rivai, yang menginginkan Tour de Babel ini dapat bersinergi dengan pengembangan pariwisata Babel. "Dalam kegiatan ini nantinya akan ditonjolkan juga sisi pariwisata, karena Tour de Babel tidaklah lengkap bila bidang olahraga hanya berdiri sendiri. Kita ingin dapat olahraganya dan dapat juga pariwisatanya," ujar Rivai.

Menurut Rivai, even Tour de Babel ini bisa menjadi salah satu objek wisata baru di Babel yakni  sport tourism. "Bumi Bangka Belitung mempunyai anugrah yang terindah yaitu memiliki potensi pariwisata yg tidak dimiliki oleh daerah lain, makanya kita terus berupaya mengembangkan potensi ini sebagai kekayaan unggulan untuk membangun Babel kedepan," tukas Rivai.

Panitia penyelenggara ajang balap sepeda internasional Tour de Babel yang diwakili Ketua Umum ISSI Babel Ferdiyan Hermawan Lubis, menyatakan siap menggelar ajang yang baru pertama kali ini di Babel. Gelaran International Tour de Babel rencananya akan berlangsung pada bulan April 2018. "Target kita mengundang ratusan pembalap dari 20 tim luar negeri dan sekitar 10 tim dalam negeri," ujar Ferdiyan.

Menurutnya, Tour de Babel yang pertama ini, pihaknya menggandeng Indonesia Grand Prix Indonesia (IGP). Alasan menggandeng IGP ini, kata Ferdiyan, karena IGP memiliki track record yang kuat dalam mengelola event bersepeda bergengsi nasional dan internasional. "Yang kita tahu IGP ini sudah pengalaman membantu pengelolaan even road race, criterium, tur sepeda dan sepeda gunung. Kita berharap even tour de Babel ini berjalan sukses," tukas Ferdiyan.

Apalagi kata Ferdiyan, Gubernur Babel Erzaldi Roesman sangat mendukung kegiatan ini. Rencananya Tour de Babel ini akan menggelar dua even, yakni even lokal dan internasional. Untuk Pulau Bangka akan melintasi dari selatan hingga utara pulau Bangka. Sedangkan untuk Pulau belitung akan membelah dari Tanjungpandan Kabupaten Belitung hingga Manggar Kabupaten Belitung Timur. "Untuk rute ini nanti akan kita atur lagi, yang jelas kita akan mengakomodir permintaan Gubernur yang ingin memperkenalkan potensi-potensi wisata di Babel," papar Ferdiyan. Ia berharap Tour de Babel ini bisa dilaksanakan setiap tahun. Bahkan Ferdiyan berharap kedepannya Tour de Babel ini bisa menjadi agenda nasional hingga internasional.

loading...
loading...


Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com