Klikbabel.com


Geliat Pariwisata Basel Mulai Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

Selasa, 12 Desember 2017 | 20:06 WIB
Suasana pantai Kapur, Bangka Selatan yang dipenuhi tenda penyedia kuliner khas daerah saat sore hari.(Foto : Wiwin/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Toboali - Pasca ditetapkannya pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan Bangka Selatan (Basel) oleh pasangan Justiar-Riza, geliat pariwisata Negeri Junjung Besaoh mulai menunjukkan dampak positif.

Seiring dengan pembangunan infrastruktur pariwisata, pengunjung pun mulai melirik pariwisata yang terus dikembangkan oleh Pemkab Basel. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan nasional bahkan wisatawan mancanegara pun mulai berdatangan ke berbagai objek wisata di Basel seperti pantai Kapur, Toboali.

Ramainya pengunjung di pantai yang dekat dengan pusat kota Toboali tersebut, memberikan peluang usaha bagi masyarakat pesisir dengan berdagang berbagai jenis kuliner khas daerah sehingga membantu ekonomi kerakyatan. Tikut (44), pedagang kuliner di pantai Kapur mengungkapkan rasa syukurnya atas terciptanya peluang usaha bagi dirinya dan masyarakat sekitar lainnya.

"Alhamdulillah sekarang pengunjungnya semakin ramai jadi dagangan kami juga cukup laku. jadi lumayanlah untuk nambah-nambah penghasilan keluarga," ungkapnya kepada klikbabel.com, Selasa (12/12/2017).

Hal senada juga diungkapkan oleh Cely (38) salah seoarang pedagang kuliner lainnya. Menurutnya, dengan ramainya pengunjung, dagangannya menjadi lebih laku. "Syukurlah saat ini pantai kami sudah semakin ramai, jadi kami selaku warga pesisir disini bisa jualan bebagai jenis makanan khas seperti ketupat Cecep dan kelapa muda," terangnya.

Sementara itu, Didik salah seorang pengurus komunitas pariwisata pantai Kapur mengatakan, ia dan rekan-rekan komunitas tidak menyangka jika objek wisata di daerah mereka menjadi lebih ramai seperti saat ini. Oleh karena itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Basel yang terus mengembangkan objek wisata yang dekat dengan pantai Batu Perahu dan Batu Belimbing itu.

"Pantai kami menjadi lebih menarik pengunjung sehingga warga kami pun mendapatkan ruang untuk membantu ekonomi keluarganya dengan berdagang. Semoga kedepan Pemkab Basel terus membangun pantai kami ini dengan membangun berbagai infrastruktur pariwisata agar menjadi lebih menarik," tutupnya.



Penulis  : Wiwin
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com