• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Kondisi Pantai Bum Penganak Perlu Perhatian

Sabtu, 09 Desember 2017 | 12:03 WIB
Kondisi gazebo di Pantai Bum Penganak (Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Jebus - Objek kunjungan wisata Pantai Bum Penganak saat ini cukup memprihatinkan. Ini disebabkan oleh cuaca yang ekstrem di perairan Kecamatan Parittiga, khususnya daerah pesisir bagian timur, dalam seminggu terakhir. Jumat (08/12/2017)

Akibatnya, kondisi Pantai Bum Penganak yang biasa menjadi tempat kunjungan masyarakat Desa Airgantang dan Kecamatan Parittiga itu tampak tidak asri lagi. Pantai yang menjadi icon Dusun Penganak itu mengalami kerusakan akibat terjangan angin dan ombak yang cukup besar. 

Tampak beberapa gazebo yang sedang dibuat tertimbun oleh pasir pantai sehingga bentuknya kelihatan tidak tegak lagi. Perlu diketahui, bangunan gazebo-gazebo itu dibangun swadaya oleh pemuda-pemuda Dusun Penganak yang tergabung dalam kelompok Pantai Bum Penganak. Mereka telah membangun beberapa fasilitas umum di pantai tersebut, seperti toilet, lahan parkir, papan penanda arah, dan aksesoris pantai lainnya.  

Semua fasilitas itu menggunakan dana mereka sendiri. Hal itu dilakukan atas kesadaran kelompok tersebut untuk mengangkat Pantai Bum Penganak menjadi salah satu tujuan wisata di Kecamatan Parittiga. 

"Untuk sementara waktu, pembangunan gazebo dihentikan dulu. Kondisi gazebo hampir tertimbun pasir. Saat ini, gelombang pasang laut mendorong pasir hingga ke darat, " ujar Rehan, salah satu anggota kelompok Pantai Bum Penganak. 

Sudah seharusnya, pihak Pemerintah Daerah (Pemda) dengan instansi terkaitnya memberikan perhatian kepada Pantai Bum Penganak. Potensi pantai yang landai dan pasir putihnya dapat dikembangkan menjadi salah satu pantai unggulan di wilayah Kabupaten Bangka Barat.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com