• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BI Optimalkan Potensi Untuk Dorong Perekonomian di Babel

Kamis, 07 Desember 2017 | 15:36 WIB
Pembukaan Seminar Nasional Banking and Invesment Expo di Novotel Hotel oleh Sekda Babel, Yan Megawandi (Yodea/Klikbabel.com)
Loading...

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Bank Indonesia (BI) sebagai regulator perbankan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel)  berupaya untuk mengoptimalkan potensi di Provinsi Babel. Upaya ini fokus kepada sektor-sektor utama di Babel diantaranya lada, pariwisata, timah, dan sebagainya.

Edhi Rahmanto selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Babel mengatakan seiring dengan melambatnya pertumbuhan ekonomi nasional akibat dari melemahnya harga berbagai komoditas dunia.

"Pertumbuhan ekonomi Babel juga memperlihat tren yang menurun sejak tahun 2011, pertumbuhan perkonomian Babel terus menurun dan pada tahun 2015 hanya tumbuh sebesar 4,08 persen (yoy). Hal ini terutama disebabkan oleh semakin menurunya peran timah sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi Babel sebagai akibat menurunnya harga timah internasional," katanya dalam sambutan pada acara seminar nasional Banking and Invesment Expo di Novotel Hotel, Kamis (7/12/2017).

Dikatakan Edhi, tahun 2016 pertumbuhan ekonomi Babel menunjukkan peningkatan seiring dengan mulai membaiknya harga timah. Pertumbuhan ekonomi babel meningkat 4,08 persen tahun 2018 menjadi 4,11 persen (yoy) ditahun 2016.

"Namun tren kenaikan pertumbuhan ekonomi terjadi dan mencapai puncaknya pada triwulan I 2017 di mana saat itu terjadi pertumbuhan ekonomi tahunan tertinggi sejak tahun 2017 sebesar 6,40 persen.

Selanjutnya, Edhi juga menuturkan BI dalam hal ini mendorong upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomin Babel. 

"Perlu dilakukan strategi dan upaya untuk mengoptimalkan berbagai potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Babel. Kami juga melihat upaya pemerintah Pemprov maupun Pemkot dan Pemda untuk menguraikan permasalahan mengoptimalkan potensi yang ada telah membuahkan hasil," tuturnya.

"Dengan demikian, berbagai diskusi dalam bentuk seminar, diskusi panel dan lainnya yang membahas berbagai hal kiranya perlu dilakukan untuk memperkaya pemikiran yang akan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dan perumusan strategi baik Pemprov, Pemkot, Intansi terkait dan kalangan swasta," pungkas Edhi.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com