Klikbabel.com


Pemkot Kucurkan Rp37,094 Milyar untuk Gaji PHL

Jumat, 01 Desember 2017 | 09:02 WIB Dibaca sebanyak 399 kali
Sekretaris Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kota Pangkalpinang, Budiyanto.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Dalam kurun satu tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang mengucurkan dana sebesar Rp37,094 milyar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk membayar tenaga Honorer atau Pegawai Harian Lepas (PHL). 

Hal ini dikatakan Sekretaris Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kota Pangkalpinang, Budiyanto, Kamis (30/11/2017). Dana segar tersebut dikucurkan untuk membayar gaji sebanyak 1972 orang tenaga honorer yang bertugas di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di kota Pangkalpinang.

Dalam besaran gaji para PHL tersebut per bulannya dibayar sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing tenaga honorer. "Untuk tenaga honorer yang berlatar belakang pendidikan Sarjana dibayar sebesar 1,7 juta Rupiah, D3 1,5 juta dan SMA 1,3 juta Rupiah," terangnya.  

Diakuinya, dalam perekrutan tenaga honorer sendiri biasanya dilakukan oleh Kepala OPD masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Dalam perekrutan PHL sendiri Pemkot lebih mengutamakan tenaga lapangan, seperti tenaga kebersihan, petugas pemadam kebakaran, Satpol PP, penanggulangan bencana, penjaga malam dan lain sebagainya.

"Biasanya kontrak PHL ini dilakukan langsung satu tahun, jika kegiatan dan dana anggaran memadai maka mereka akan dilanjutkan, namun apabila tidak ada lagi kegiatan dan minimnya anggaran maka mereka akan diberhentikan," Kata Budi. 

Sambung Budi, untuk tahun depan pihaknya belum bisa memastikan apakah ada penambahan tenaga honorer atau tidak. "yang jelas kami akan melihat dahulu anggaran karena masih banyak hal-hal yang harus di prioritaskan," bebernya. 



Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com