Klikbabel.com


Ahak Manfaatkan Pekarangan Rumah Jadi Ladang Bisnis

Jumat, 01 Desember 2017 | 10:42 WIB
Perkarangan rumah Ahak yang dijadikan kebun sawi di lingkungan jalan laut, Sungailiat. (Foto : Ramandha/klikbabel.com)

Klikbabel.com,Sungailiat - Ahak warga jalan laut, kecamatan Sungailiat berhasil memanfaatkan lahan pekarangan rumah menjadi ladang bisnis. Bermula dari keputusasaan yang sebelumnya ia alami sebagai nelayan, sejak 7 tahun lalu dirinya memutuskan untuk berhenti dan memulai bertanam sayuran berkat bujukan sang istri.

Ahak ketika ditemui klikbabel.com mengatakan, bertanam sayuran khususnya sawi tidak menguras banyak tenaga maupun pikiran. ''Tidak susah, tidak rewel juga perawatannya. Malahan saya lebih suka bertanam dari pada melaut lagi, karena usia juga sudah tua," jelasnya, Kamis (30/11/2017).

Dilanjutkan Ahak, jenis sawi yang ditanamnya tersebut biasa disebut dengan nama sawi Hongkong atau sawi hidroponik. Hasil dari panen sawinya tersebut juga lumayan menggiurkan, untuk satu kilogram sayurnya ini, ia jual dengan harga Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per kilogramnya. ''Kalau satu kali panen itu biasanya 50-an kilogram, dan masa panen hanya 50 hari,''terangnya.

Ia menambahkan, meskipun perawatan dari bertanam sawi hongkong tersebut tidak susah, akan tetapi tanaman sawi sangat membutuhkan kondisi cuaca yang panas, agar sawi yang dihasilkan dapat maksimal saa di panen. ''Musim hujan agak rewel, kalau panas itu yang biasannya hasilnya bagus, karena sawi ini tidak boleh banyak air,''tutupnya.



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com