• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Bangka Barat Raih Swasti Saba Wistara

Rabu, 29 November 2017 | 10:58 WIB
Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH (Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Muntok - Kabupaten Bangka Barat meraih penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2017. Penghargaan tertinggi kategori kabupaten sehat ini langsung diterima oleh Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, S.H di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri  RI, Selasa (28/11/2017). 

Penghargaan Swasti Saba ini diberikan kepada 122 Kabupaten/Kota dan 3 provinsi sebagai pembina kabupaten/kota sehat yaitu Provinsi Sulawesi Selatan, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemberian penghargaan ini dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dan merupakan kerjasama antara menteri dalam negeri dan menteri kesehatan. 

"Pemberian penghargaan ini adalah salah bentuk apresiasi dari pemerintah terhadap pelaksanaan program Kabupaten dan Kota Sehat (KKS) dan juga peran baik masyarakat, yang berperan aktif sebagai subyek maupun objek pembangunan kesehatan, serta berkiprah sebagai agen perubahan," ungkap Menteri Kesehatan, Nila Farid Moeloek saat menyampaikan sambutannya. 

Wakil Bupati Bangka Barat, Markus, SH yang didampingi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat dan Ketua Forum Sejiran Setason Sehat, usai menerima penghargaan tersebut mengungkapkan rasa senangnya karena masyarakat Bangka Barat terjaga dalam permasalahan kesehatan. 

"Ini prestasi yang luar biasa, karena penganugerahan Swasti Saba Wistara adalah sebuah penghargaan tertinggi dalam kategori kabupaten sehat ini. Dengan penghargaan ini, kita berharap Kabupaten Bangka Barat dapat mempertahankan dan menjaga hidup bersih dan sehat," harap Markus. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Ahmad Nursandi mengatakan ini adalah hasil yang luar biasa dan merupakan bukti kongrit komitmen pimpinan daerah dalam pembangunan, khususnya di bidang kesehatan dan lingkungan.

Karena untuk mendapatkan predikat kabupaten kota sehat, Swasti Saba Wistara yang merupakan tingkatan tertinggi dan perlu waktu bertahun-tahun sejak 2013 sampai sekarang. 

"Semoga kedepan bisa kita pertahankan dan kita tingkatkan lagi. Selain itu tidak terlepas dari dukungan seluruh anggota Forum Sejiran Setason Sehat Kabupaten Bangka Barat,” pungkas Sandi.

Kabupaten bangka barat sudah tiga kali berturut-turut mendapatkan penghargaan dan penganugerahan kabupaten kota sehat, mulai dari Swasti Saba pada tahun 2013, Swasti Saba Wiwerda tahun 2015 dan Swasti Saba Wistara tahun 2017.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com