• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Ternyata Petani Sahang Masih Ada Belum Tahu Resi Gudang

Minggu, 19 November 2017 | 14:42 WIB
Ilustrasi lada.(Foto : net)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Ternyata masih ada petani lada atau sahang yang belum mengetahui cara resi gudang yang merupakan program dari Pemerintah. Abdul alias Jirin (55) salah satu petani sahang di Desa Balun Ijuk belum mengetahui tentang bagaimana sistem resi gudang yang ditawarkan oleh Pemprov kepada petani.

"Saya pernah denger tentang resi gudang, tapi saya tidak tahu bagaimana caranya, setahu saya belum ada sosialisasinya terkait resi gudang," katanya kepada klikbabel.com, Minggu (19/11/2017).

Ia juga menuturkan bahwa dirinya hanya menyimpan beberapa hasil sahangnya dirumah, mengingat harga sahang saat ini masih Rp62 ribu per kilogram. "Saya belum mau jual, mending saya simpan dulu kalau harga naik baru saya jual, tetapi kalau di resi gudang memberikan harga yang dapat membantu kita, kita ingin tahu caranya gimana,"katanya lagi.

Sama halnya dengan Sardi alias Robert (49) petani sahang di desa Jada Bahrin juga belum mengetahui sama sekali tentang resi gudang. "Saya tidak tahu, apa mungkin karena sibuk di kebun jadi kurang informasi, kalaupun ada bagaimana kita dapat tahu caranya, kan lumayan untuk meningkatkan perekonomian petani lada yang lainnya," sebutnya.

Tak hanya itu, Robert juga mengeluhkan harga sahang yang saat ini yang tak sesuai dengan biaya modalnya. "Yah, gimana lagi, biaya modalnya mahal, harga murah, berharap kalau resi gudang itu katanya dapat membantu, mohon beri tahu kepada kami," lugasnya.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com