• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Penyakit Kuning pada Lada Bikin Petani Galau

Minggu, 19 November 2017 | 14:56 WIB
Daun lada terserang penyakit kuning.(Foto : net)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Penyakit kuning dan penyakit Busuk Pangkal Batang (BPB) pada tanaman lada atau sahang masih membuat petani lada galau, pasalnya penyakit tersebut sampai sekarang belum bisa diobati. Hal tersebut diungkapkan petani sahang di desa Balun Ijuk, Jirin (55) saat ditemui klikbabel.com, Minggu (19/11/2017).

"Ya, yang paling kita takuti sebenarnya pada tanaman sahang ini adalah penyakit kuning atau busuk pangkal batang, yang membuat tanaman sahang tidak tumbuh normal dan ujung-ujungnya tanamannya mati," katanya.

Menurutnya juga, beberapa cara yang ia gunakan untuk mengatasi penyakit tersebut, misalnya menyemprotkan racun, namun masih saja tidak bisa hilang. "Akibatnya hasil dari tanaman sahang yang ditanam oleh petani menurun hingga 70 persen akibat penyakit tersebut,"ujarnya.

Ia juga berharap dari Pemerintah agar dapat menemukan solusi untuk mengatasi penyakit tersebut. "Kita hanya berharap dari Pemerintah agar dapat menemukan solusi untuk mengatasi penyakit tersebut, termasuk penggunaan pupuk yang baik agar tanaman lada tidak sering di serang oleh hama penyakit,"lugasnya.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com