Klikbabel.com


Hanya 26 Orang Anggota Parpol yang dapat Tunjukkan KTA

Rabu, 15 November 2017 | 10:36 WIB
Komisioner KPU Babar bersama warga menunjukkan KTA Parpol pada kegiatan verifikasi faktual di lapangan.(Foto : Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Muntok - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bangka Barat menyambangi masyarakat. Hal ini dilakukan dalam rangka verifikasi faktual keanggotaan parpol jelang pemilu DPR, DPRD, DPD dan Presiden/Wakil Presiden. Selasa (14/11/2017).

"Dalam rangka verifikasi faktual keanggotaan parpol, kami menyambangi masyarakat yang tercantum dalam data keanggotaan parpol yang dicantumkan oleh parpol dalam pendaftaran parpol peserta pemilu nanti," ujar Yulizar selaku Komisioner KPUD Babel divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

Yulizar menambahkan, dalam verifikasi faktual di lapangan, banyak masyarakat yang menjadi anggota parpol tidak dapat menunjukkan Kartu Tanda Anggota (KTA). Dari pengakuan mereka, tidak mengetahui terdaftar dalam keanggotaan parpol.

"Dalam verifikasi faktual keanggotaan parpol di lapangan ditemukan masyarakat yang tidak dapat menunjukkan KTA, pengakuan masyarakat sendiri mereka tidak mengetahui masuk dalam keanggotaan parpol. Melalui verifikasi di lapangan nanti sebagai dasar kita akan menyampaikan kepada parpol sebagai calon peserta pemilu untuk memperbaiki persyaratan," jelas Yulizar

Sementara itu, divisi Hukum Komisioner KPUD Babar, Harpandi mengatakan, sebagai salah satu syarat keanggotaan parpol yaitu memiliki KTA. Dari verifikasi faktual diindikasi ada anggota partai politik memiliki keanggotaan ganda sebanyak 260 orang. Sementara, verifikasi faktual di lapangan, diutamakan memiliki KTA dan KTP asli.

"Kanggotaaan parpol harus menyampaikan KTA yang merupakan suatu syarat. Didalam verifikasi di lapangan, wajib menunjukkan KTP dan KTA asli. Ketika didalam suatu syarat keanggotaan parpol tidak dapat menunjukkan yang asli secara langsung kita TMS (Tidak Memenuhi Syarat)," jelas Harpandi.

Harpandi menyebut dari sekian banyak anggota parpol hanya 26 orang anggota  parpol yang dapat menunjukkan KTA dari 260 KTA ganda. "Keadaan di lapangan, dari sekian banyak anggota parpol, ternyata faktanya di lapangan, kita faktualkan hanya 26 orang anggota parpol yang bisa menunjukkan KTA-nya dari sekitar 260 KTA ganda," tandasnya.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com