Klikbabel.com


Harga Cabai Merah di Pasar Pembangunan Naik Rp15 Ribu

Senin, 13 November 2017 | 14:45 WIB
Lapak Jualan Pedagang Bumbu Dapur di Pasar Pembangunan, Pangkalpinang (Yodea/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Pangkalpinang - Harga cabai merah di Pasar Induk Kota Pangkalpinang naik Rp15 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp30 ribu dan kini menjadi Rp45 ribu per kilogram.

"Saat ini harga bumbu dapur banyak yang naik, tapi cabai merah yang paling tinggi naiknya yakni Rp15 ribu per kilogramnya," ujar pedagang bumbu dapur di Pasar Pembangunan, Ali kepada Klikbabel.com, Senin (13/11/2017).

Kendati demikian, walaupun cabai merah naik, namun harga cabai rawit justru masih bertahan di harga Rp34 ribu per kilogram. 

"Harga cabai rawit masih seperti biasa yakni Rp34 ribu perkilogram tapi kalau beli per ons Rp4 ribu. Bawang merah jawa juga naik dari 25 ribu perkilogram menjadi Rp34 ribu perkilogramnya, bawang merah lokal masih tetap yakni Rp20 ribu per kilogram," bebernya.

Menurut Ali, naiknya beberapa harga bumbu dapur dikarenakan pemasukan bumbu dapur berkurang dikarenakan cuaca tak menentu melanda di daerah sentral yang sempat mengakibatkan gagal panen.

"Pemasukan bumbu dapur beberapa hari ini tidak begitu banyak karena mungkin dari daerah pusat yang mengalami gagal panen karena cuaca tak menentu saat ini," tuturnya.

Senada, Romlah salah satu pedagang bumbu dapur juga mengeluhkan naiknya harga bumbu dapur yang kerap membuatnya merugi.

"Karena cuaca saat ini tidak menentu, harga banyak naik, terlebihnya sudah mendekati Natal dan Maulid. Kami pedagang kecil kayak gini bingung, jual harga mahal karena modalnya juga mahal tapi orang jadi enggan membeli dan akhirnya cabai serta bawang membusuk sehingga membuat kami kerap merugi," terangnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : Klikbabel.com