• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cuaca Buruk, Kapal TB Yong TAT-09 Karam di Perairan Babel

Sabtu, 11 November 2017 | 12:27 WIB
Suasana evakuasi kapal oleh tim dari Basarnas dan KSOP Pangkalbalam.(Foto : ist)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Akibat cuaca buruk, kapal TB Yong TAT-09 milik PT. Putra Sihombing Mandiri tenggelam di perairan Pulau Liat Kecamatan Pongok Kabupaten Bangka Selatan (Basel) dengan titik koordinat 02•53' 637" S 106•59' 150" E. 

Kapala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Pangkalbalam, Izuar melalui Kepala Sub Seksi Keselamatan Berlayar, Patroli dan penjagaan, Harlansyah, SH mengatakan memang telah terjadi kecelakaan kapal tenggelam pada Jum'at (10/11/2017) sekira pukul 08.00 Wib lalu. 

Dikatakannya, kejadian tersebut bermula ketika kapal TB Yong TAT-09 milik PT Putra Sihiong Mandiri dengan Nahkoda Nasiridin dengan membawa delapan orang Anak Buah Kapal (ABK) yang berangkat dari Tanjung Priok dengan keadaan kosong tanpa muatan, setelah mendapat kabar oleh Nahkoda KM Star Belitung melalui telepon, kapal tersebut telah tenggelam di sekitar pulau Liat Kecamatan Pongok Kabupaten Bangka Selatan dengan titik koordinat 02•53' 637" S 106•59' 150" E. 

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Perwira jaga KSOP Kelas IV Pangkalbalam tersebut langsung meneruskan ke Kasubsie keselamatan berlayar dan langsung menyebarkan informasi tersebut melalui Stasiun Radio Pantai PKC-5 untuk di Noticr To Marine Kan kepada kapal yang melintas di sekitar lokasi tersebut.

"Sementara informasi yang kita terima saat ini dua orang ABK yang identitasnya belum diketahui sudah di Evakuasi oleh KM Khatulistiwa 8 dan dibawa ke Ciwandan dan 6 orang lainnya dikabarkan hilang," ujarnya,  Sabtu (11/11/2017). 

Dikatakan Harlansyah, saat ini Tim Gabungan (Timgab) dari Basarnas, Polair, KPLP dan AL sudah menuju lokasi kapal tenggelam melalui pelabuhan sadai untuk melakukan pencarian. "Untuk kapal sendiri, sementara sudah kita amankan bersama tim Sar Gabungan di sekitar lokasi kejadian," urainya.  

loading...
loading...


Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com