• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


BPBD Kota Pangkalpinang Gelar Rakor Penangulangan Bencana

Rabu, 08 November 2017 | 13:10 WIB
Suasana Rakor BPBD Kota Pangkalpinang.(Foto : Ruci Chandra/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) penanggulangan bencana tingkat Kota Pangkalpinang Tahun 2017. Kegiatan tersebut dipusatkan di Bangka City Hotel jalan Alexander Kelurahan Air Hitam Kota Pangkalpinang, Selasa (7/11/2017). 

Dalam pantauan klikbabel.com dalam Rakor tersebut turut mengundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Pangkalpinang terkait bencana, yakni Organisasi Masyarakat (Ormas) dan instansi vertikal seperti Basarnas, Rapi, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Orari serta melibatkan dunia usaha melalui Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Pangkalpinang.  

Adapun dalam Rakor tersebut bertujuan untuk membuat rencana kontingensi penanggulangan bencana di Kota Pangkalpinang sehingga terbentuknya Tim Reaksi Cepat (TRC) penanggulangan bencana Kota Pangkalpinang. Selain itu, kata Mikron dengan adanya Rakor tersebut adanya persamaan persepsi dan turunnya ego sektoral dalam penangulangan bencana yang mana nantinya akan tersusunnya protap penangulangan bencana sehingga terdatanya seluruh komponen dan penggiat bencana baik dari Sumber Daya Manusia (SDM)-nya maupun sarana dan prasarana.

Dari kegiatan itu pula Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Panngkalpinang itu berharap apabila terjadinya bencana maka tidak ada lagi kepanikan dan saling berharap serta tidak ada lagi saling menyalahkan dalam penanggulangan bencana. "Jadi nantinya akan tertata rapinya baik dari mulai data dan penanganan, sehingga penanggulangan bencana dapat satu komando, satu aturan dan satu kesatuan yakni TRC," tegas Mikron.  



Penulis  : Ruci
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com