• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Pemkab Beltim Sosialisasikan Sistem Resi Gudang Lada

Kamis, 26 Oktober 2017 | 14:07 WIB
Wakil Bupati Beltim, Burhanuddin bersama peserta sosialisasi Sistem Resi Gudang Lada berfoto bersama.(Foto : Suharli/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Manggar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) mengadakan sosialisasi Sistem Resi Gudang (SRG) lada di Auditorium Zahari M.Z Beltim, Kamis, (26/10/2017). Wakil Bupati Beltim Burhanudin mengapresiasi sosialisasi tersebut sebagai salah satu jalan menghadapi permasalahan harga lada.

"Saya sangat berterima kasih dengan diadakannya sosialisasi SRG ini khususnya bagi para petani dan peIaku usaha Iada sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas mutu dan harga lada di Bangka Belitung dan di Kabupaten Belitung Timur khususnya," ucap Burhanudin.

Ia menyebutkan, permasalahan para petani pada hampir setiap panen raya, harga hasil panen yang rendah bahkan anjlok dan petani membutuhkan uang untuk menutupi modal dan pinjaman. Oleh karena itu dengan adanya Undang-undang No. 9 Tahun 2006 tentang Sistem Resi Gudang merupakan salah satu bentuk perlindungan Pemerintah terhadap para petani. 

"Sistem Resi Gudang (SRG) yang berbasis kerakyatan memiiiki manfaat yang menyentuh bagi masyarakat. Salah satu masalah dalam sektor pertanian adalah masih panjangnya mata rantai tata niaga pertanian," terang Wabup.

"Sehingga menyebabkan petani tidak dapat menikmati harga yang lebih baik karena pedagang telah mengambil untung terlalu besar dari hasil penjualan. Oleh karena itu saya berharap SRG dapat menjadi solusi untuk masalah tersebut," harap Burhanudin.

Dengan Sistem Resi Gudang, petani bisa mendapatkan harga yang Iebih baik dengan menunda waktu penjualan. Selain itu, terjamin juga kualitas dan kuantitas barang yang disimpan. "Namun yang tak kalah pentingnya dalam mengikuti fasilitasi sosialisasi SRG ini adaIah partisipatif para peserta apapun yang menjadi kendala dan keluh kesah, agar bisa dikomunikasi dan mendapat solusi yang terbaik untuk meningkatkan produksi lada, memperkecil kerugian setelah panen dan para petani paham tentang mekanisme dari program ini," ungkap Wabup. 



Penulis  : Suharli
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com