Klikbabel.com


Pemprov Babel Sosialisasikan Resi Gudang kepada Petani Bangka

Rabu, 25 Oktober 2017 | 14:56 WIB
Suasana sosialisasi terkait sistem resi gudang yang diselenggarakan Pemprov Babel kepada para petani di kabupaten Bangka.(Foto : Ramandha/Kllikbabel.com)

Klikbabel.com,Sungailiat - Sosialisasi Sistem Resi Gudang (SRG) kepada petani lada dan unsur terkait yang bergerak di perkebunan lada di kabupaten Bangka digelar di ruang rapat kantor Bupati Bangka.

Staf Ahli Gubernur Babel bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sumini Yuliastuti mengatakan, SRG merupakan jawaban bagi para petani terhadap kondisi harga lada yang selalu berfluktuasi, sehingga dapat merugikan para petani. Sistem ini dapat dijadikan solusi untuk membantu para petani lada di kabupaten Bangka.

Dikatakan Sumini, SRG tersebut bukan merupakan barang baru, namun sudah dilaksanakan di Provinsi lain, tapi untuk masalah lada yang pertama di Babel. ''SRG sendiri bukan merupakan barang baru, namun sudah dilakukan di Provinsi lain tapi untuk lada baru pertama di Bangka Belitung. Kita juga bekerjasama dengan BGR sebagai pemegang gudang," jelasnya, Rabu (25/10/2017) di Sungailiat.

Ditambahkan Sumini, yang dimaksud dengan resi gudang adalah surat atau bukti kepemilikan atas barang yang disimpan di gudang SRG. Ditambahkannya lagi, resi gudang dapat dipergunakan sebagai agunan atau jaminan untuk memperoleh pinjaman dana atau kredit dari lembaga keuangan, baik bank maupun non bank.

''Resi Gudang ini dijamin dengan komuditi yang selalu dijaga dan dikelola oleh pengelola gudang yang terakreditasi. Sistem SRG sendiri adalah kegiatan kegiatan yang berkaitan dengan penerbitan , pengalihan, penjaminan dan penyelesaian transaksi resi gudang,''tutupnya. 



Penulis  : Kms.Ramandha
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com