Klikbabel.com


Pemkab Beltim dan Masyarakat Temui 3 Kesepakatan Soal Air PDAM

Kamis, 19 Oktober 2017 | 15:45 WIB Dibaca sebanyak 423 kali
Wakil Bupati Belitung Timur, Burhanudin saat menjumpai para peserta aksi damai di halaman kantor Bupati Beltim.(Foto : Suharli/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Manggar - Mediasi yang dilakukan Pemda dan masyarakat Gantung terkait buruknya kualitas air yang bersumber dari PDAM Gantung akhirnya menemui tiga kesepakatan, saat aksi damai di halaman kantor Bupati Beltim, Kamis  (19/10/2017).

kesepakatan tersebut ditandatangani bersama  Masyarakat pelanggan PDAM Gantung, Pemda Beltim dan Forkopminda Beltim tertanggal 18 Oktober 2017. Wakil Bupati Burhanudin ditemui usai melakukan mediasi dengan masyarakat yang melakukan aksi damai di halaman kantor Bupati Beltim memberikan komentar.

"Selama ini kesannya (TI Rajuk) adanya pembiaran dari masyarakat, sekarang mereka terpanggil disaat mengalami kondisi sangat sulit terhadap kebutuhan air bersih," ungkap Burhanudin (19/10/2017).

Pemerintah ditegaskannya, selama ini terus melakukan penindakan-penidakan terhadap masyarakat-masyarakat  yang ada di lokasi penambangan ilegal, yang beroperasi di DAS khususnya air minum. "Mulai hari ini support masyarakat kepada Pemerintah dan aparat merupakan komitmen yang dituangkan dari perjanjian bersama. Hari ini juga kita akan bersihkan segala bentuk penambangan TI ilegal yang ada di kawasan hulu dan hilir dari sungai pice yang ada di sungai Gantung," tegasnya.

Penertiban juga dijelaskan Burhanudin telah dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, kepolisian maupun TNI. "Sudah dilakukan pihak kepolisian, sudah melakukan itu (penertiban,red). Kita menyerahkan ke penegak hukum baik itu kepolisian,TNI maupun satpol PP. Persuasif, bila kita sudah lakukan sesuai prosedur, jika masih tidak di indahkan maka penegakan hukum wajib dilakukan," pungkasnya.

Sementara, Sopian selaku koordinator aksi berharap dengan adanya mediasi mudah-mudahan aksi damai ini dapat membuahkan hasil yang layak. "Sudah banyak masyarakat yang dirugikan, dan air tidak layak untuk di konsumsi, mudah-mudahan hasil mediasi tadi dapat membuahkan hasil yang layak," terang Sopian.

Aksi damai yang diikuti ratusan masyarakat Gantung berlangsung tertib, hingga menghasil kesepakatan dengan Pemda diantaranya sebagai berikut :

1. Aktifitas penambangan dengan cara apapun dan dalam bentuk apapun di dalam sungai Lenggang, mulai dari hulu hingga hilir sungai Lenggang agar ditindak tegas sesuai peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

2. Kepada PDAM supaya dapat meningkatan kualitas air yang layak kosumsi.

3. Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, TNI/Polri Belitung Timur dan masyarakat sepakat menghentikan seluruh aktivitas tambang dari hulu pice atas sungai Lenggang dalam segala bentuk penambangan sejak hari ini (19/10/2017) sampai dengan seterusnya.



Penulis  : Suharli
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com