• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Waspadai Penyakit ISPA di Musim Pancaroba

Jumat, 13 Oktober 2017 | 15:55 WIB
(Foto : Ilustrasi)
Loading...

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Berbagai penyakit kerap melanda selama musim pancaroba seperti saat ini, terlebih lagi panas dan hujan yang muncul secara bergantian kerap menimbulkan sederet masalah kesehatan. Hal ini perlu diwaspadai oleh kalangan anak-anak hingga dewasa.

Hal tersebut disampaikan oleh dokter umum Klinik Pratama Bakti Timah Pangkalbalam, dr. Gulan Fitrianti. Ia menuturkan beberapa penyakit yang paling sering ia tangani selama musim pancaroba adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Ada beberapa, namun yang paling banyak saya tangani ialah ISPA yang disusul berbagai infeksi virus karena sedang pancaroba atau panas hujan bergantian," jelasnya kepada Klikbabel.com, Jumat (13/10/2017).

Menurutnya, ISPA termasuk penyakit menular yang kerap menular pada orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah seperti lansia dan anak-anak. "Selain penyakit ISPA, demam darah  juga ada, namun tergantung pada banyaknya tempat air yang tidak tertutup atau ada genagan air. Contohnya ember dari nyuci sahang tidak dibuang jadi akan menimbulkan jentik-jentik nyamuk demam berdarah, namun pancaroba lebih ke ISPA ,"jelasnya.

Untuk itu, Gulan mengimbau kepada masyarakat dimusim pancaroba ini agar selalu menjaga kesehatan dan mengurangi resiko dilanda penyakit. "Jaga pola makan, hidup sehat, dan teratur mengurangi faktor resiko misalnya alergi dingin gunakan sarung tangan dan masker, pola makan teratur dan tidak minum air es agar terhindar dari amandel," imbaunya.

Loading...


Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com