• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Cegah dan Deteksi Kanker Serviks Melalui Tes IVA

Jumat, 13 Oktober 2017 | 12:55 WIB
Para peserta sosialisasi dari Ikatan Ibu-ibu Karyawan Timah (IIKT) berfoto bersama pada kegiatan deteksi dini bebas kanker serviks.(Foto : Yodea Putri/Klikbabel.com)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Kanker serviks merupakan kanker terganas nomor dua yang kerap melanda kaum wanita. Penderita kanker serviks di Indonesia pun masih tinggi dengan menduduki peringkat pertama di Asia Tenggara, terlebih lagi wanita yang terkena kanker serviks stadium lanjut kemungkinan untuk dapat sembuh hanya 10 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh dokter Nazif SpOG dari rumah sakit Medika Stannia Sungailiat saat mengisi sosialisasi deteksi dini kanker serviks dan payudara di Graha PT.Timah, Kamis (12/10/2017). "Ketahanan manusia untuk sembuh dalam kanker serviks yakni apabila berada di stadium 0 hingga 1 masih memiliki 90-100 persen. Jika di 1B angka survivalnya berada disekitar 85%, bila sudah pada stadium 2 survival ratenya berada pada 65%. Bila sudah menyebar ke ginjal dan kandung kemih angka survival nya menjadi turun 35%, bila sudah pada stadium lanjut angka survival ratenya bisa jatuh hingga 10%,"sebutnya.

Menurutnya, pecegahan dapat dilakukan melalui pemeriksaan IVA dan papsmear secara rutin. "Untuk pencegahannya dapat dilakukan test Inspeksi Visual Asetat (IVA) dengan pemeriksaan yang singkat. Kemudian ada Papsmear yang lebih lama untuk melihat tanda-tanda sel pra kanker, untuk yang sudah menikah walaupun sudah melaksanakan vaksin, tetap harus dilakukan pemeriksaan IVA atau papsmear secara rutin,"jelasnya

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Istri Karyawan PT Timah (IIKT), Ellys Riza Pahlevi mengatakan pihaknya mengadakan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dan payudara, guna mewujudkan wanita Indonesia khususnya Babel yang sehat bebas penyakit tersebut. "Kami berharap kegiatan deteksi dini yang diikuti 496 orang istri dan karyawati PT Timah, ibu-ibu PKK, istri TNI Komando Resor Militer 045/Garuda Jaya dan lain-lainya, termasuk ibu-ibu di daerah ini terhindar dari kanker serviks dan semakin dicintai serta disayangi suaminya,"jelasnya.



Penulis  : Yodea
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com