• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Air PDAM Keruh Tercemar TI, Wagub Datang Air Sempat Bersih

Kamis, 12 Oktober 2017 | 18:23 WIB
(Foto : Ilustrasi)

Klikbabel.com,Manggar - Kepala UPTD PDAM Gantung, Wahyudin mengaku telah mendengar keluhan masyarakat yang mengeluhkan kualitas air PDAM keruh. Kepada wartawan, Wahyudin mengungkapkan memburuknya kualitas air baku disebabkan karena adanya gangguan pada sistem pengolahan air PDAM Gantung.

Namun demikian, ditegaskan Wahyudin keruhnya air juga disebabkan adanya aktifitas penambangan TI rajuk yang beroperasi dekat dengan kawasan sumber air baku PDAM Gantung, tepatnya di DAS Lenggang. Pasalnya, begitu TI rajuk berhenti beroperasi, kata Wahyudin praktis kualitas air membaik. 

"Karena kalau mereka istirahat mau ada razia atau apa, airnya pasti bersih. Sistem pengolahan kami memang ada sedikit masalah dan akan diperbaiki pada 2018 dari Satker pusat," ungkapnya, Kamis (12/10/2017).

Ia juga menyinggung kualitas air membaik juga terjadi saat kedatangan Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah beberapa waktu lalu ke Beltim. "Beberapa hari yang lalu, pas hari Jumat, Sabtu, Minggu, airnya bagus karena aktivitas TI rajuk berhenti karena ada acara Wakil Gubernur ke Selinsing, hari Senin sampai hari ini air kotor lagi," kata Wahyudin.

Wahyudin mengatakan, pihaknya juga sudah bersurat ke Pemkab Beltim meminta persoalan ini diselesaikan. Razia juga kerap dilakukan. "TI rajuk berhenti sementara, kualitas air yang sebelumnya membaik menjadi keruh kembali begitu TI rajuk beroperasi kembali," tutupnya.



Penulis  : Suharli
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com