• EnglishFrenchGermanIndonesianItalianPortugueseRussianSpanish

Klikbabel.com


Permainan Gasing akan Jadi Objek Wisata Sport Tourism

Selasa, 10 Oktober 2017 | 14:30 WIB
Staff Ahli Ekonomi dan Pembangunan Bangka Belitung (Babel), Marwan saat diwawancarai klikbabel.com.(Foto : ist)

Klikbabel.com,Muntok - Staff Ahli Ekonomi dan Pembangunan Bangka Belitung (Babel), Marwan yang mewakili Gubernur mengatakan, Bangka Barat merupakan kabupaten yag sangat peduli dengan olahraga-olahraga tradisional seperti halnya permainan gasing.

"Jadi setiap tahun Bangka Barat ini selalu melaksanakan acara lomba gasing ini, artinya ini merupakan suatu event yang hanya dilaksanakan di kabupaten Bangka Barat yang ada di Bangka Belitung ini. Dan ini menunjukkan bahwa Bangka Barat sangat peduli dengan olahraga-olahraga tradisional yang dulu pernah dimainkan oleh orang tua di zaman dahulu," ungkapnya saat diwawancarai klikbabel.com, Selasa(10/10/2017).

Marwan melanjutkan, ia sangat mengapresiasi Babar terhadap penyelenggaraan perlombaan gasing ini. "Kita patut mengapresiasi Bangka Barat ini dan gasing ternyata bukan hanya dikenal di Bangka Belitung tetapi juga dikenal di Provinsi-provinsi lain karena kita ini merupakan negeri melayu. Ini menjadi satu komunikasi budaya yang kita berikan kepada kawan-kawan kita dari negara-negara melayu lainnya, dan itu dimotori oleh kabupaten Bangka Barat. Iini menjadi suatu hal yang luar biasa," katanya.

"Kita akan menjadikan ini sebagai objek destinasi wisata yang namanya sport tourism. Dan gasing ini bisa menjadi Sport tourism olahraga tradisional. Dinas Pariwisata Bangka Belitung akan membantu sepenuhnya kalau misalnya perlu ada semacam sharing-sharing pendanaan, mereka bisa berkomunikasi dengan Dinas Pariwisata kita. Bangka Belitung tetap mendukung dengan visi pak Gubernur kita bagaimana memancing orang-orang yang datang kesini dengan olahraga-olahraga termasuk olahraga gasing," jelasnya.

"Kedepan lomba ini harus lebih meriah lagi, lebih hebat lagi, harus dikemas lagi agar orang-orang menjadi menarik dan agar orang-orang menjadi tertarik dan ini tantangan-tantangan untuk kita melestarikan olahraga ini. Maka dari itu seluruh elemen harus mendukung harus bergerak untuk mempromosikan," tutupnya.



Penulis  : Ira
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com