Klikbabel.com


Babar Melestarikan Permainan Tradisional dengan Lomba Gasing 2017

Selasa, 10 Oktober 2017 | 13:33 WIB
Bupati Bangka Barat, Drs.H.Parhan Ali saat mencoba permainan Gasing. (Ira/Klikbabel.com)

Klikbabel.com, Muntok - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat mengadakan lomba Gasing Bangka Barat 2017. Lomba ini diikuti oleh 180 peserta se Bangka Belitung dan Palembang.

Bupati Bangka Barat, Drs.H.Parhan Ali dalam sambutannya menyampaikan Gasing merupakan olahraga permainan tradisional.

"Saya dari kecil senang bermain gasing jadi sedikit banyak masih bisa bermain gasing. Jadi sebagaimana yang kita ketahui lomba Gasing ini diadakan setiap tahun di kabupaten Bangka Barat dan ini merupakan sebuah olahraga yang dianggarkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dan kita mendukung salah satu wisata yang ada di Bangka Barat ini," katanya. 

"Oleh karena itu saya terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan ini dengan baik, sehingga acara ini bisa diikuti  selain peserta yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung dan sekarang diikuti juga oleh peserta yang berasal dari Palembang yang berarti pergerakan gasing ini cukup besar perhatian mereka terhadap lomba Gasing ini," lanjut Parhan.

Dikatakan Parhan, ia memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Maka dari itu, dalam kesempatan ini saya memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini karena tahun ini kita diikuti oleh kurang lebih 180 peserta. Peserta ini cukup banyak. Dari Bangka Barat sendiri ada 130 peserta. Jadi memang banyak di Bangka Barat ini yang lebih menonjol karena banyak orang yang hobi main Gasing dan juga permainan Gasing ini bagaimanapun juga harus kita lestarikan dan kita dari Pemda Dinas Pariwisata mendukung kegiatan ini sehingga bisa berjalan terus karna yang kita ketahui bahwa pemain Gasing yaitu Sopian sudah sampai ke tingkat Internasional, ini merupakan prestasi yang luar biasa di bangka barat dan Provinsi Bangka Belitung ini," jelasnya.

Parhan berharap agar budaya ini dapat dikembangkan terus, "Karena itulah marilah kita pertahankan atau kita kembangkan budaya ini, kita tingkatkan kemampuan dari anak-anak ini dan para peserta dalam bermain Gasing, sehingga siapa tahu permainan Gasing ini  umumnya khusus untuk Babar agar menjadi kabupaten Bangka Barat yang bisa dikenal menjadi pusat bermain Gasing," harapnya.

Lomba Gasing ini dihadiri oleh Staff Ahli Ekonomi Dan Pembangunan Provinsi Babel, Marwan yang mewakili Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Suwito, SE, Sekretariat Daerah Bangka Barat, Drs.Yunan Helmi, Camat Muntok, Sukandi dan pejabat pemerintah yang ada di wilayah kabupaten Bangka Barat.



Penulis  : Ira
Editor    :
Sumber : Klikbabel.com