Klikbabel.com


Lecehkan Profesi Wartawan, SMSI Layangkan Somasi ke Pengguna Facebook

Senin, 09 Oktober 2017 | 00:46 WIB Dibaca sebanyak 2028 kali
Capture komentar bernada pelecahan terhadap media yang dituliskan salah satu pengguna Facebook.(Foto : dok Facebook)

Klikbabel.com,Pangkalpinang - Gara-gara komentarnya pada salah satu tautan terbitan media lokal yang berisi berita terkait peristiwa Rahayu (18), ibu muda yang ditolak pihak Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT) Pangkalpinang saat persalinan dan terpaksa melahirkan di dalam mobil, pengguna Facebook menuai kecaman dari berbagai pihak, khususnya penggiat jurnalis di Bangka Belitung (Babel).

Pengguna Facebook dengan nama akun Karlimx Karlimx yang diketahui sebagai seorang PNS di salah satu Puskesmas berdasarkan biodata di akun miliknya menyebutkan kalimat bernama provokasi pada kiriman itu. "Jaman sekarang banyak media buat berita asal dapat duit... Itulh yg dinamakan media bedebah," tulis akun Karlimx.

Sontak kalimat tersebut membuat wartawan bertanya siapa dibalik akun tersebut. Terkait komentarnya itu pula, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Babel, melayangkan somasi kepada pemilik akun yang dianggap melecehkan profesi wartawan itu.

Terdapat sekitar 6 poin pernyataan sikap SMSI, dimana menurut SMSI, selain melakukan pelecehan dengan menyertakan bahasa umpatan, mereka juga menyertakan tindakan pemilik akun sudah bertentangan dengan Pasal 27 ayat (3) Undang-undang ITE.

Sebagaimana yang tertera dalam isi surat somasi tersebut diketahui oleh 12 pimpinan media cetak maupun online dan elektronik di Babel. Mereka mendesak pemilik akun Karlimx Karlimx untuk meminta maaf secara terbuka di media massa atas tindakan pelecehannya selambat-lambatnya 2 kali 24 jam.

Jika tidak memenuhi tuntutan sebagaimana tertera dalam surat somasi terbuka, SMSI menegaskan akan mengambil langkah tegas dengan memperkarakan akun itu ke ranah hukum.



Penulis  : Caturangga
Editor    : Rangga
Sumber : klikbabel.com